Breaking News
recent

Tujuh Wanita Teladan Sepanjang Masa



Menjadi seorang pribadi yang sempurna merupakan tujuan setiap orang. Untuk mencapai itu tentu membutuhkan usaha dan kerja keras, baik berusaha mempelajari keilmuan tentang  itu atau bekerja keras untuk meniru atau mencontoh ketauladanan merekan.


Nabi Muhammad SAW meupakan sososk yang patut menjadi panutan dan keteladanan. Kesuksesan beliau dalam segala hal baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, maasyarakat meupun kehidupan bernegarannya patut diteldani oleh umatnya. 

Selain sosok kesempurnaan Nabi Muhammad, wanita-wanita ini juga patut dijadikan teladan bagi seluruh umat terutama bagi wanita dan alloh telah menjanjikan surrgaNya untuk dirinya.

Khadijah R.A
Khadijah binti khuwailyd, merupakan istri pertama Rasulullah S.A.W. yag mampu menjadi pelndung sekaligus menjadi mujahdah sehati. Khadijah dikenal sebagai pribadi yang luhur dan mulia. Ia senantiasa menjaga kesucian dan martabat dirinya. Ia menjauhi adat istiadat yang banyak diikuti oleh kaum-kaum wanita terdahulu.

Selain hal tersebut, khadijah juga berperan besar terhadap perkembangan dakwah nsbi diantaranya khadijah memberikan kesempatan sebesar-besarnya untuk memasuki dunia berfikir sehingga yang mendapatkan hakikat kebenaran yang mutlak, menghibur dan meyakinkan bahwa Nabi SAW yang akan mengangkat kaumnya ke derajat yang lebih mulia

Aisyah ra.
Aisyah menikah dengan Rasululloh SAW di usia yang masih belia. Aisyah merupakan sosok yang cerdas, dermawan, jujur serta sabar. Kesabaranya diujia alloh swt berupa fitnah yang menimpa kehidupan keluarganya.

Istri fir’aun
Seperti yang dikisahkan dalam alquran, Fir’aun merupakan raja yang kejam dan zhalim,  suka bertindak sewenang-wenang, bahkan menganggap dirinya sebagai tuhan yang paling tingggi. Namun istrinya merupakan istri  yang sholekhah, dia beriman kepada alloh dan berperan mengasuh Nabi Musa yang merupakan awal bagi kehancuran Raja Fir’aun dan tentaranya

Ratu Balqis
Ratu Balqis merupakan wanita yang beggiitu rendah hati. Ratu Balqis hidup pada masa nabi sulaiman. Nabi sulaiman juga termasuk raja besar yang memiliki istana megah dan memilik kemampuan berbicara dengan binatang-binatang.kerendahan hati Ratu Bilqis ini karena takjubnya atas kemegahan istana nabi sulaiman kemudian ia beserta warganya masuk kedalam agama Islam

Siti Hajar
Siti hajar adalah istri Nabi Ibrahim. Pada saat keduanya memiliki anak yang diberi nama Ismail, Ismail kecil dan Siti Hajar ditinggalkan Ibrahim menuju Baitul Haram. Padahal disekelilingnya tandus dan kekeringan. Setelah beberapa bulan dan air susu siti hajar sudah tidak ada serta Ismail kecil menangis terus menerus, akhirnya Siti Hajar berlari antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali. Berkat kesabaran dan tawakalnya, setelah 7 kai kemudian muncul sumber mata air dari tanah atau pasir yang berada diujung kaki Ismail. Dan hingga saat ini diabadikan sebagai zamzam yang artinya berkumpul.

Zainab binti Khuzaimah
Zainab adalah istri Rasululloh yang dermawan. Ia dikenal sebagai ummul masakinyang berarti ibu orang-orang miskin. Sifat kedermawanan yang dimilikinya telah muncul sebelum ia masuk islam. Setelah ia masuk Islam ia semakin sadar bahwa perbuatannya sangat dianjurkan untuk menolong dan berbuat baik kepada sesama.

Asma’ binti abu bakar ra.
Yang terakhir adalah Asma’ binti Abu Bakar ra. Asma’ dikenal sebagai wanita pemberani. Pada saat Rasululloh berhijrah dari makkah ke madinah, ditengah perjalanan berusaha diikuti oleh orang-orang kafir yang ingin membunuh rasululloh. Kemudian Rasululloh dan para sahabat bersembunyi didalam gua. Pada saat yang saat genting dan memanas Asma’ binti abu bakar ini pergi dengan berani  ke gua tersebut untuk membawakan makanan untuk Nabi dan para sahabat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.