Breaking News
recent

Tutorial Modul Keanggotaan SLiMS 8 Akasia

Pembahasan tentang menu membership atau keanggotaan di SLiMS
pada menu keanggotaan ada beberapa modul yang berfungsi untuk melengkapi data-data yang perlukan pada saat transaksi. Pertama, pilih/klik menu Membersip/Keanggotaan, kemudian pilih Tipe Keanggotaan. Tipe keanggotaan ini berfungsi untuk menentukan tipe anggota, jumlah pinjaman, jumlah denda, kali perpanjangan buku, dan lain-lain.

Setelah kita pilih tipe keanggotaan tadi maka akan muncul gambar seperti berikut ini GAMBAR 1. dan pilih Tambah Tipe Anggota Baru dan muncul form seperti berikut ini GAMBAR 2.






*ket:

Tipe anggota: berfungsi untuk membedakan jenis atau tipe keanggotaan (boleh diisi GURU, KARYAWAN, MURID)

Jumlah Pinjaman: menentukan jumlah buku yang dapat di pinjam
Lama peminjaman (dalam hari): tempo atau waktu peminjaman (missal 1 minggu DITULIS 7)
Reservasi:  Pemesanan. Jadi buku yang statusnya dalam masa pinjaman diperbolehkan memesan atau tidak (jika boleh pilih DIMUNGKINKAN)
Masa Keanggotaan (dalam hari): untuk tempo masa menjadi anggota perpustakaan (missal 1 tahun DITULIS 365)

Kali Perpanjangan: jumlah berapa kali diperbolehkan perpanjangan masa pinjam (misal  ditulis 1 berarti bisa perpanjang masa pinjam 1x saja)

Denda perhari: jumlah rupiah ketika ada yang terlambat pengembalian atau perpanjangan, denda ini akan secara otomatis di jumlahkan oleh system jika terjadi keterlambatan. (jika diisi 100 maka jika ada yang keterlambatan maka akan dikalikan jumlah hari secara otomatis

Toleransi keterlambatan: jumlah hari untuk men-tolerir jika ada keterlamabatan (misal 2 hari DITULIS 2)

Tambah Anggota Baru
Pada isian ini ada beberapa yang wajib di isi dan ada yang bersifat opsional (pilihan) jadi bleh di isi dan boleh juga di kosongkan.
ID Anggota              : id anggota adalah identitas anggota yang akan di input, bisa di isi dengan nomor induk siswa atau nomor induk mahasiswa
Nama Anggota            : di isi dengan nama anggota
Tanggal Lahir              : Opsional (pilihan) pada kolom ini boleh di isi dan boleh juga tidak
Anggota Sejak             : kolom isian tanggal ketika tercatat sebagai anggota
Tanggal Registrasi       : tanggal ketika aktifasi/peng aktifan anggota
Berlaku Hingga         : ada pilihan set otomatis, apabila di centang pilihan Set Otomatis ini maka masa keanggotaan akan otomatis di sesuaikan dengan yang kita tentukan pada saat membuat tipe anggota tadi.
Tipe Keanggotaan      : ini di pilih sesuai dengan anggota yang akan kita input ini (misal GURU, MURID, dll)

Untuk menu-menu dibawahnya seperti nomor telepon, nomor fax, alamat, catatan, dan yang lainya itu boleh di isi atau tidak tergantung kebutuhan pustakawan. Kalau di mungkinkan kolom e-mail di isi karena berguna untuk penagihan apabila si peminjam/anggota ini terlambat dalam penagihan buku
Dan apabila setelah selesai mengisi klik SIMPAN .

Kartu Anggota            : kartu anggota ini berfungsi untuk mencetak kartu anggota perpustakaan. Caranya, centang beberapa kartu anggota yang mau di cetak (menyesuaikan kertasnya, jika A4 kemungkinan bisa muat 8 kartu), misal centang 8 anggota dan klik pada TAMBAHKAN DALAM ANTRIAN kemudian CETAK DATA TERPILIH. Seperti gambar di bawah 


Import Anggota          : menu ini berfungsi untuk menginput jumlah anggota secara kolektif. Jadi gambaranya kita ketik dulu nama-nama dan ID anggota dan lain-lain tersebut di excel kemudian kita tinggal masukkan tanpa input satu-persatu.

Eksport Anggota         : menu ini berfungsi sebaliknya dengan import. Jadi kalau import memasukkan data secara kolektif maka menu eksport ini mengeluarkan data anggota secara kolektif. Hasilnya output nya bisa berupa file excel bisa juga notepad/wordpad tergantung kita lebih familiar yang mana.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.