Breaking News
recent

Manfaat dan Khasiat Rumput Liar “Pletekan”



Pada waktu kita masih kanak-kanak dulu pasti sering mencari tanaman ini. bunga tanaman ini sangat idola bagi anak-anak sebab bisa di gunakan untuk bermain pletekan. Biasanya bunga yang sudah tua dipetik kemudian dikasih sedikit air dan di diamkan sejenak kemudian akan pecah atau mletek. Mungkin hal ini yang kemudian tumbuhan ini disebut dengan pletekan atau ceplikan.


Pletekan termasuk tanaman yang dapat tumbuh di wilayah kering, sehingga jika musim penghujan datang tumbuhan akan sangat mudah tumbuh dan subur. Bagi petani tumbuhan ini mungkin dianggap sebagai gulma/rumput liar yang merugikan. Padahal tanaman ini memiliki kandungan yang berkhasiat dan bermanfaat bagi kesehatan.

Dalam tanaman pletekan mengandung beberapa zat kimia seperti saponin, flavonoid dan polifenol. Sehingga tanaman ini memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Keseluruhan bagian dari pletekan juga dapat digunakan untuk pengobatan. Berikut ini adalah resep pengobatan yang berbahan dasar dari tanaman pletekan.

1.     Peluruh Kencing Batu
Caranya dengan cuci bersih 15 g dau pletekan, lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah itu dinginkan dan minum hasil rebusanya 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

2.     Pengobatan Jantung Koroner
Cuci bersih 2 batang pohon pletekan, termasuk akarnya. Rebus dengan 4 gelas air diamkan hingga tersisa 2 geas. Setelah dingin, saring dan tambahkan 1 sendok makan madu. Minum ramuan ini 2 kali sehari pada pagi dan sore masing-masing 1 gelas.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.