Breaking News
recent

Di Lima Kota ini Anda Akan Mudah Menguasai Bahasa Asing


Bahasa merupakan unsur penting dalam sebuah kehidupan sosial. Bahasa menjadi alat komunikasi utama, sehingga peran dan fungsinya menjadi pokok dalam kehidupan sehari-hari. Belajar bahasa baru menjadi sebuah keharusan apabila aktifitas kita sehari-hari berinteraksi dengan orang yang berbeda suku, ras, Negara, dan lain sebagainya.

Menurut data dari Ethnologue, sebuah karya referensi yang mendokumentasikan bahasa-bahasa di dunia. Terdapat Lima kota yang paling banyak menggunakan bermacam-macam bahasa lisan, sehingga kota ini di juluki sebagai kota multibahasa dunia. Untuk mengetahui dampak keragaman bahasa dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat mencari penduduk setempat atau pendatang (ekspatriat) di kota terpadat dimana kemungkinan besar mereka akan bertemu atau berinteraksi dengan banyak orang dan bahasa yang berbeda.

Berikut ini adalah Lima kota yang di juluki sebagai Kota Multibahasa di Dunia

1.       Port Moresby, Papua Nugini
Papua Nugini memiliki indeks keragaman bahasa lisan lebih dari 800 bahasa.  Sebagai ibu kota dan kota terbesar di Papua Nugini , Port Moresby telah menarik orang dari banyak desa-desa kecil untuk mencari pekerjaan , sementara pertumbuhan pertambangan baru-baru ini telah menarik komunitas pendatang yang cukup besar, sehingga tingkat keberagamannya semakain besar. 

Sangat mudah untuk menemukan orang yang berbahasa inggris di sekitar kota, karena bahasa bisnis disana menggunakan bahasa Inggris. Namun, tidak jarang juga mendapati orang yang berbahasa Indonesia, Melayu, dan lain sebagainya

2.       Jakarta, Indonesia
Jakarta merupakan kota terpadat di Asia Tenggara, dengan 11 juta penduduk, Jakarta menarik para pendatang dari seluruh wilayah belahan dunia untuk peluang ekonomi dan bisnis. Dengan demikian, penggunaan bahasa di kota Jakarta ini mencapai lebih dari 700 bahasa. Negara ini memiliki keragaman geografis yang mirip dengan Papua Nugini. Pada kenyataanya di Indonesia memiliki lebih 17.000 pulau yang tentunya berkontribusi pada banyaknya dialek.

Keragaman lain yang muncul adalah makanan. Banyak jenis makanan baru yang muncul di kota ini, dipinggir jalan akan mudah menemukan sesuatu mulai dari membuat salah satu yang terbaik adegan makanan di sekitar , terutama larut nasi goreng Indonesia dan roti kukus Cina untuk Timur Tengah martabak, pancake, dan lain sebagainya. Bahasa resmi negara adalah Bahasa Indonesia, sehingga semua orang harus sedikit belajar atau setidaknya memiliki pemahaman kasar untuk berkomunikasi di Jakarta. 


3.       Lagos, Nigeria
Lebih dari 500 kelompok etnis yang berbeda mendiami Nigeria, dan masing-masing memiliki bahasa mereka sendiri. Meskipun banyak digunakan di kota-kota kecil dan desa-desa. Anda juga akan mudah menemukan keragaman ini di Kota terbesar Negara ini. Lagos menjadi ibukota komersial, sehingga banyak menarik pendatang untuk datang untuk mencari pekerjaan.

Bahasa inggris menjadi bahasa resmi, namun ada beberapa bahasa juga yang kemudian banyak digunakan orang kemudian menjadi bahasa utama yaitu Hausa, Yoruba dan Igbo.

4.       Delhi , India
Lebih dari 400 bahasa digunakan di seluruh India dan ibukotanya. Di Delhi akan banyak menemukan orang yang memakai bahas, termasuk Hindi, bahasa Inggris, Urdu dan Punjabi. Apabila anda berkunjung ke Delhi, disana akan banyak menemukan orang-orang dari semua lapisan masyarakat dari Negara-negara yang berbeda dan menggunakan bahasa yang berbeda pula.

Sementara bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa tulis dan bisnis, untuk dapat membantu mempelajari beberapa bahasa Hindi dan Punjabi, karena bahasa tersebut adalah bahasa yang paling banyak digunakan.

5.       Los Angeles, Amerika Serikat
Sering disebut "melting pot" untuk asimilasi budaya imigrannya yang beragam. Amerika Serikat memiliki lebih dari 300 bahasa yang dipakai dalam perbatasannya, dengan bahasa Inggris, Spanyol dan Cina menjadi beberapa yang paling umum digunakan. Kota yang paling banyak menggunakan ragam bahasa di kota ini adalah Los Angeles. Tingkat kepadatan imigran yang besar diantara berasal dari Meksiko, Amerika Latin, Asia Timur, Cina dan Korea.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.