Breaking News
recent

Lima Makanan Yang Harus di Hindari Ibu Hamil



Memiliki anak merupakan salah satu impian bagi pasangan setelah menikah. Sehingga kehamilan adalah proses yang paliing dinantikan oleh semua orang dan setiap orang pasti menginginkan buah hatinya lahir dengan selamat  dan sehat. Oleh karena itu, masa kehamilan merupakan fase yang sangat penting untuk perkembangan dan kesehatan buah hati kita.

Salah satunya adalah memeberikan gizi terbaik saat bayi dalam kandungan dan itu termasuk langkah dini untuk perkembangan bayi yang sehat. Jika sang mengkonsumsi makanan yang bergizi, begitu juga bayi yang ada dalam kandungan juga mendapatkan nutrisi yang cukup.  Namun tidak semua makanan bisa dikonsumsi ibu hamil, karena beberpa makanan tersebut dapat berpengaruh terhadap perkembangan bayi yang ada dalam kandungan.



Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari bagi ibu hamil. 

1.     Makanan Berpengawet
Makanan yang dikonsumsi selama proses kehamilan diusahakan dalam kondisi segar dan bersih. Maksudnya, makanan tersebut terhindar dari bahan pengawet. Selain yang berpengawet juga yang mengandung nitrat tinggi. Selain kurang menyehatkan, kelebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung unsur nitrat tinggi juga dapat memicu munculnya penyakit tumor dan diabetes.


2.     Minuman Berkafein
enis minuman ini juga tidak perbolehkan untuk wanita hamil. Meminum minuman yang mengandung kafein tinggi akan dapat memicukelahiran cacat dan sejumlah komplikasi. Jika ingin meminum minuman yang berkafein, konsumsilah dngan jumlah terbatas.

3.     Makanan Mentah
Pada trimester pertama adalah waktu yang begitu penting, usahakan tidak mengkonsumsi jenis makanan mentah atau makanan yang diolah kurang sempurna. Seperti, susi, lalapan, sate ayam, steak dan lain sebagainya. Daging yang tidak diolah secara matang dapat mengandung bakteri Listeria. Telur juga berpotensi mengandung bakteri salmonella dan sayuran segar berpotensi mengandung pestisida, virus toksoplasma, bakteri E-coli yang semua itu dapat berdampak negative terhdapa perkembangan janin dalam kandungan.

4.     Pewarna makan alami.
Pada saat hamil usahakan pilih makanan yang benar-benar aman, termasuk aman dari pewarna makanan buatan. Beberapa makanan yang ditemukan dipasaran menggunakan pewarna tekstil yang sangat berbahaya jika masuk kedalam tubuh kita, terutama bagi ibu hamil. Oleh karena itu, sebaiknya kita memilih makanan atau membuatnya sendiri dengan menggunakan pewarna alami. Seperti kunyit, kulit secang atau pandan.

5.     Makanan lain yang mengandung msg
Yang terakhir adalah jenis makanan lain yang mengandung banyak msg, gula atau garam. Usahakan memilih makanan yang segar bagi ibu hamil. Karena makanan yang tinggi kandungan garam dapat memicu tekanan darah tinggi, tinggi gula dapat memicu diabetes dan tinggi msg dapat mengurangi kandungan asupan gizi penting bagi janin dalam kandungan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.