Breaking News
recent

Turi, Khasiat dan Manfaat Bagi Kesehatan



Turi merupakan tanaman tropis yang memiliki ciri-ciri daun kecil, batang induk kemudian banyak ranting dan berbunga. Bunga turi ini sering dimanfaatkan sebagai sayuran pada masakan pecel atau gudangan (jawa).  Tanaman ini memiliki nama ilmiah Sesbania Grandiflora  dan setiap daerah memiliki sebutan masing-masing. Misalkan di daerah jawa dikenal dengan sebutan turi atau toroy, di Sulawesi disebut dengan turing, suri atau gonggo gua, dan lain sebagainya.


Selain bunganya yang dapat dimanfaatkan sebagai sayuran, bagian lain dari tumbuhan ini juga dimanfaatkan sebagai obat untuk beberapa masalah kesehatan. Zat- zat kimia yang terkandung didalam tumbuhan ini menjadikanya mempunyai efek farmakologis seperti mengurangi rasa sakit, pencahar, mencairkan gumpalan darah, peluruh kencing dan lain-lain. Berikut ini adalah resep dan beberapa masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan tumbuhan ini. 

1.     Demam Nifas
½ genggam daun turi ditumbuk halus, seduh dengan ¾ air panas dan tambahkan sedikit garam. Dinginkan, dan minum ramuan air hasil saringan ini sekaligus.

2.     Mengatasi Keputihan
Segenggam daun turi putih dan kunyit sebesar ibu jari. Giling halus dan seduh dengan ¾ air panas lalu peras dan saring. Minum ramuan ini sehari 2 kali dengan takaran yang sama.

3.     Radang Tenggorokan
Cuci bersih segenggam daun turi merah. Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin saring ramuan ini dan gunakan sebagai obat kumur. Lakukan 4 kali sehari.

4.     Disentri
Cuci bersih batang pohon turi yang bunganya merah sebesar ibu jari. Rebus dengan 2 gelas air hingga air tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring, kemudian minum ramuan ini 2 kali sehari dengan dosis yang sama.

5.     Sakit Kepala
Cuci bersih segenggam daun turi segar kemudian tumbuk halus. Seduh dengan ½ cangkir air panas, tambahkan garam, peras air dan saring kemudian minum ramuan ini 2 kali sehari dengan dosis yang sama.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.