Breaking News
recent

Ophiophogon, Rumput Hias Yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan.



Mendengar namanya memang seperti asing di telinga anda, namun jika melihatnya tentu mata anda sudah sangat familiar dengan tanaman ini. sekilas tanaman ini memang sejenis rumput. Akan tetapi, saat ini ophiopogon banyak digunakan sebagai hiasan taman, rumah, dan lain sebagainya. Selain dapat mempercantik taman, ternyata tanaman ini juga bermanfaat bagi kesehatan.

Ophiopogon memiliki nama latin Ophiopogon Japonicus (L.F) Ker – Gawl dan masuk pada famili Liliaceae. Tumbuhan ini memiliki ciri tumbuh berkumpul membentuk roset akar, daunya memancang dan lancip. Rumput hias ini banyak ditemukan di kawasan iklim tropis, tak ayal di lingkungan kita sangat mudah menemukan jenis tanaman ini. 


Ophiopogon mengandung beberapa bahan kimia yang dapat digunakan untuk mengurangi atau mengobatao permasalahn kesehatan. Zat yang terkandung didalamnya adalah saponin, isoflavonoid, s-glocose, sucrose dan beberapa zat lainya. 

Dengan zat-zat yang dikandungnya, tumbuhan ini memiliki khasiat untuk penyembuhan batuk kering, abses paru, muntah darah, panas dalam, susah buang air besar, dan peluruh kencing. Bagian yang dapat digunakan untuk pengobatan adalah umbinya. 

Berikut ini cara atau resep yang digunakan untuk mengobati bebera penyakit diatas. Rebus 13 g umbi Ophiopogon dengan 3 gelas air, diamkan hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusanya 2 kali sehari dengan takaran masing-masing  ½ gelas.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.