Breaking News
recent

Empat Makanan Sehat Bagi Para Diabetesi




Begitu kadar gula menunjukkan angka 200, berbagai larangan makanan akan muncul. Karena jika tidak dibatasi justru dapat memicu penyakit lain seperti jantung, struk, dan berbagai penyakit lainya. Penyakit diabetes lebih dikenal dengan sebutan penyakit kencing manis. 


Diabetes disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya pola hidup yang tidak sehat. Selain mengonsumsi makanan-makanan yang sehat juga harus diimbangi gerak fisik yang cukup. Penyandang diabetes atau diabetesi pun perlu menjalankan program diet untuk menjaga agar kadar gula tetap stabil, agar kadar gula tidak mudah bergejolak, atau bahkan menurun. Berikut ini sejumlah makan yang baik di konsumsi oleh diabetesi.

1.     Buah segar
Seperti pir dan apel. Apel dan pir memiliki banyak serat yang baik untuk menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Namun, hindari olahan buah seperti jus buah dengan tambahan gula dan buah-buahan kering. Jenis buah yang baik dikonsumsi diabetes lainya adalah avokad mangga dan beragam jeruk. Mangga tidak hanya kaya vitamin A dan C tetapi juga serta. Asalkan tidak berlebihan, mangga baik dikonsumsi para diabetes. Kandungan gizi dari avokad akan membantu menekna pelepasan gula dalam aliran darah.

Kandungan vitamin c yang tinggi dalam beragam jenis jeruk membuat buah ini baik untuk dikonsumsi. Belum lagi kandungan seratnya yang cukup tinggi dan kandungan antikoksidan antigerin dalam jeruk akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menjaga kestabilan berat badan.

2.     Bumbu dan Rempah
Kayu manis tidak hanya bermanfaat untuk menguatkan arom dan rasa pada makanan dan minuman. Sebuah studi dalam jurnal diabetes care menunjukkan, kayu manis dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis dalam jumlah tertentu yang rutin setiap hari dapat membantu menekan kadar gula dalam darah. Didalam kayu manis mengandung kromium yang mendukung efektivitasinsulin. Manfaat kayu manis lainya adalah membantu menekan jumlah kolestrol jahat.

Bumbu dapur memang tidsk boleh dipandang sebelah mata. Jahe dan kunyit adalh bumbu dapur yang dapat diolah menjadi bahan jamu.  Untuk diabetes jahe dapat membantyu mestabilkan kadar gula darah. Sementara itu, kandungan curcumin dalam kunyit diyakini mampu meningkatkan kerja insulin

3.     Umbi-umbian
Jenis umbi-umbian yang baik dikonsumsi  untuk para diabetes adalah ubi jalar. Umbi ini memang bercitarata manis, tetapi rasa manis didalamnya tidak serta merta menaikkan kadar gula darah. Indek glukosa dalam ubi jalar bahkan lebih rendah daripada kentang. Tidak hanya itu, kandungan serat di dalamubi jalar juga sangat tinggi. Ubi jalar juga udah kandungan yang terdapat  di Jakarta. Berkaroten terkandung dalam ubi jalar.

4.     Sayuran
Menyebut golongan sayuran, kita perlu memasukkan brokoli, bayam dan tomat. Brokoli mengandung kromium yang membantu sensivitas insulin. Bayam, dikenal sebagai sayuran yang kaya mineral dan vitamin K. mengkonsumsi sayuran hijau dapat mengurangi resiko diabetes . sedangkan tomat mengandung banyak vitamin C dan E dan beberpa kandungan lain yang berfungsi penting untuk mencegah resiko komplikasi diabetes.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.