Breaking News
recent

Hanok, Rumah Dengan Simbol Kearifan Dan Keindahan




Sebuah tempat yang biasa kita sebut rumah menjadi pesona bagi orang lain. Seperti halnya Hanok, hanok merupakan rumah tradisional korea yang menjadi objek wisata dan terkenal diseluruh dunia. Penduduk lokal dalam hal ini orang-orang korea menjalani aktivitasnya sehari-hari di dalam hanok. Sementara para wisatawan menjelajahi gang-gang tersebut sambal menatap kagum.




Rumah tradisional Korea ini brada di kawasan Bukchon, Korea Selatan. Rumah ini disusun dengan susunan batu dan kayu yang secara esteti membentuk seperti dinding dan pintu yang berpadu harmonis dengan atap melengkung khas hanok. Pada saat membangun ini orang-orang korea dengan cermat merancang desainnya dan memperhitungkan dengan lokasi, keadaan geografi dan musim.




Orang korea menggunakan perhitungan atau prinsip baesanimsu jika akan mendirikan hanok, yaitu sebuah prinsip atau pegangan dalam membangun rumah, mengatur agar rumah tidak posisi membelakangi gunung dan alangkah baiknya mengahadap ke sungai. Dan juga diusahakan rumah menghadap ke timur atau selatan dengan tujuan untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup.



Hanok memang dirancang sedemikian sempurna, termasuk pencahayaan. Sirkulasi cahaya diatur dengan pinggiran atap yang melengkung. Sehingga panjang pendek cheoma berpengaruh terhadap intensitas cahaya yang masuk. Rumah ini dibangun dengan material alami seperti kayu, tanah, batu, jerami serta tanah liat uyang digunakan sebagai genting. Konstruksi rumah ini ditopang dengan kerangka kayu, kemudian temboknya disusun dari bata yang terbuat drai campuran tanah dan rumput.

Uniknya, rumah tradisional korea ini juga dilengkapi sistem penghangat ruangan. Sehingga orang yang berada didalamnya akan terasa nyaman, terlebih lagi jika musim dingin tiba. Penghangat tersebut terbuat dari lantai batu yang bagian bawahnya terhubung dengan perapian di luar rumah.


Desain bangunan ini memang unik karena begitu kental dengan gaya arsitek interaksi manusia, alam dan budaya. Kekayaan arsitek hanok menjadi alasan bahwa tempat ini menjadi kawasan destinasi di korea yang tidak pernah membosankan.

9 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.