Breaking News
recent

Manfaat Daun Pegagan


Hai sobat #perpusbagus ;) 
Apakah kalian tau tentang daun pegagan?
Daun pegagan ini sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan tradisional Cina. Daun pegagan ini disebut juga sebagai daun tapak kuda. Daun pegagan tumbuh subur di Indonesia.
Manfaat daun pegagan ini ternyata sangat banyak.
Bagi warna Indonesia, daun ini juga bisa digunakan sebagai camilan. layaknya keripik bayam, daun pegagan juga bisa dibuat sebagai keripik pegagan. untuk rasanya dijamnin enak dan nagih.

Berikut adalah penjelasan manfaat dari mengonsumsi daun pegagan, di antaranya adalah:

1. Meningkatkan fungsi otak dan daya ingat 

Tahukah Anda bahwa daun pegagan (centella asiatica) bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif?Dalam studi tahun 2016, membandingkan khasiat ekstrak pegagan dan asam folat untuk melihat peningkatan fungsi kognitif setelah stroke. Hasilnya, daun pegagan lebih efektif dalam sistem daya ingat.Meskipun hasil dari penelitian belum bisa sepenuhnya mendukung klaim tersebut, ada bukti-bukti bahwa daun ini punya manfaat langsung dan tidak langsung terhadap kesehatan otak. Pasalnya, tanaman herbal ini memang memiliki efek meningkatkan kewaspadaan yang kemudian bisa meningkatkan kemampuan memori jangka pendek.

2. Memperbaiki suasana hati dan mengatasi depresi

Manfaat daun pegagan selanjurnya adalah mengurangi gangguan kecemasan. Caranya adalah dengan mengontrol aktivitas neurotransmiter yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA).Kandungan asam asiatat diperkirakan menjadi pemicu pada GABA. Khasiat asam asiatat dalam Centella asiatica memengaruhi penyerapan GABA oleh otak.Hal ini menjadikan pegagan berpotensi menjadi obat herbal untuk membantu mengobati gangguan kecemasan, insomnia, dan depresi tanpa efek sedatif seberat obat-obatan kimia.Contohnya, zolpidem dan barbiturate. Akan tetapi, manfaat daun pegagan di atas masih membutuhkan penelitian ilmiah lebih lanjut. 

3. Melancarkan peredaran darah

Tanaman ini juga membantu melancarkan peredaran darah. Ini berhubungan dengan manfaat Centella asiatica untuk memperbaiki sirkulasi darah bagi penderita chronic venous insufficiency (CVI).Penyakit ini adalah gangguan pada pembuluh vena di kaki, sehingga terjadi mengalami masalah dalam mengalirkan darah kembali ke jantung. Penelitian ini pun enyimpulkan bahwa kelompok lanjut usia yang diobati dengan daun ini menunjukkan perbaikan yang signifikan dari gejala CVI.Sebagai contoh, rasa sakit dan edema yang berkurang dan kaki tidak lagi terasa berat.Efek tersebut diduga berkaitan dengan kandungan senyawa kimia triterpene pada daun pegagan.Senyawa ini menstimulasi produksi cardiac glycoside yang meningkatkan daya pompa jantung dan frekuensi kontraksinya. Beberapa studi lain juga menemukan bahwa Centella asiatica membantu stabilisasi plak lemak di dinding pembuluh darah. Ini mencegah lepasnya plak yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke. 

4. Menyamarkan stretchmark

Ada pula manfaat daun pegagan untuk kesehatan kulit. Menurut penelitian ilmiah tahun 2013, khasiat tanaman ini adalah menyamarkan stretch marks di kulit.Kandungan terpenoid dalam tanaman ini diduga bisa meningkatkan produksi kolagen oleh tubuh.Berkat itulah, daun ini diyakini mampu mencegah timbulnya stretch marks baru, sekaligus memperbaiki penampilan kulit dengan menyamarkan stretch marks yang sudah ada. 

5. Mempercepat proses penyembuhan luka

Riset lain juga menemukan bahwa ekstrak Centella asiatica memiliki efek positif dalam mempercepat penyembuhan beberapa jenis luka.Sebagai contoh, luka akibat beda tajam, luka sobek tak beraturan akibat benturan, dan luka yang terinfeksi.Para penggemar skincare mungkin tak asing lagi dengan manfaat daun pegagan untuk luka ini.Pasalnya, cica cream yang mengandung centella asiatica belakangan ini kerap diminati karena manfaatnya dalam menyembuhkan luka, khususnya jerawat.

6. Meredakan sakit persendian

Khasiat antiradang dari manfaat pegagan kemungkinan juga bisa membantu mengatasi artritis. Sebuah studi terhadap tikus di laboratorium menemukan bukti bahwa pemberian tanaman ini bisa mengurangi radang sendi maupun erosi tulang rawan.Kandungan antioksidan dalam daun ini juga berpengaruh positif terhadap imunitas tubuh, sehingga mengurangi inflamasi. 

7. Mengatasi insomnia

Centella asiatica dipercaya bisa mengatasi gangguan cemas, stres, dan depresi. Maka dari itu, tanaman ini juga dapat digunakan untuk membantu mengobati insomnia.Sebuah studi juga sudah membuktikan manfaat pegagan atau tapak kuda dalam mengatasi gangguan tidur. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

8. Berpotensi meredakan gejala Alzheimer

Salah satu manfaat rebusan daun pegagan berikutnya yaitu mengobati penyakit Alzheimer dengan membantu mengurangi gejalanya.Ekstrak daun pegagan terbukti bisa menjaga sel otak dari racun yang bisa menyebabkan munculnya plak. Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memperkuat klaim ini.
Naa itu tadi beberapa manfaat dari daun pegagan. Semoga bermanfaat yaa ;)

1 komentar:

  1. All Songs Lyrics PlayLyric.com

    News about PC Games, Movies, TV series, Anime, Reviews, Entertainment. Get the latest News Rrbsec.Org

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.