Breaking News
recent

Melongok Keindahan Danau Singkarak di Sumatra Barat



Indonesia memiliki banyak objek wisata yang banyak menarik para wisatawan dunia.  Negeri ini kaya akan keindahan alam, peninggalan sejarah dan keunikan budaya lokal masyarakat. Tak ayal banyak objek wisata Indonesia yang begitu populer di dunia. Diantaranya adalah Borobudur, Kraton, Gunung Rinjani, danau toba, pulau komodo dan lain sebagainya. 

Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Indonesia, salah satu wisata alam yang begitu menarik untuk di ekspos adalah danau. Danau merupakan sebuah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Mungkin kita lebih dulu mengenal dan melihat keindahan danau toba, danau maninjau atau danau kelimutu. Akan tetapi di pulau sebrang juga mempunyai danau yang tak kalah indah dengan danau-danau tersebut.


Danau singkarak, danau merupakan danau terbesar kedua setelah danau toba yang berada di daratan pulau Sumatra. Danau ini membentang luas di dua kabupaten yang berada di provinsi Sumatra Barat. Yaitu kabupaten sonok dan kabupaten Tanah Datar. Danau ini merupakan hulu batang ombilin yang kemudian sebagian airnya dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air atau PLTA di kabupaten padang pariaman.


Luas danau singkarak diperkirakan sekitar 107,8 km² dengan kedalaman kedalaman 268 meter. Danau singkarak memiliki pemandangan yang sangat indah, sebab danau ini berlatar belakang pegunungan yang hijau, ditambah kemilau biru air danau semakin menambah kesan tersendiri bagi para pelancong. Selain itu, salah satu ujung danau ini terbentang rel kereta api yang masih aktif dan disana juga tersedia perahu kapal jika anda ingin mengelilinginya.


Uniknya lagi, di danau ini terdapat 1 (satu) spesias ikan yang hanya dapat ditemukan di danau singkarak ini. yaitu ikan bilih. Ini merupakan ikan endemik danau singkarak yang sangat populer karena rasa gurihnya. Sehingga makanan dengan bahan ikan ini menjadi salah satu makanan khas di wilayah sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.