Breaking News
recent

Kenali Manfaat Lain dari Selasih



Sekilas selasih hamper sama dengan kemangi. Selasih merupakan salah satu jenis tanaman tropis. Pada umumnya selasih dimanfaatkan untuk penyegar seperti dicampurkan dalam es atau minuman lain. Selasih memiliki bau yang sangat khas, langu, harum, manis tergantung dengan kondisi tanahnya. Bahkan ada yang dapat memberi efek pusing atau memabukkan.

Selasih memiliki nama ilmiah Ocicum basilicum L. dan juga memili sebutan lain untuk daerah-daerah tertentu. Di daerah Sumatra dikenal dengan nama selaseh, selasi. Di jawa di sebut selasih atau telasi dan di daerah Sulawesi tanaman ini dikenal dengan nama amping atau kukuru. Selain itu, selasih juga dikenal sebagai tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.



Dalam tumbuhan ini mengandung beberapa zat kimia seperti ocimene, a-pipene, eucalytole dan lain sebagainya. Selasih bersifat pedas, hangat dan wangi. Oleh sebab itu seluruh bagian dari tanaman ini dapat digunakan sebagai obat dan memiliki efek farmakologi sebagai peluruh keringat, pelancar peredaran darah, penghilang rasa sakit dan lain-lain.

Manfaat lain selasih adalah dapat digunakan sebagai obat untuk beberapa masalah kesehatan. Berikut ini beberapa permasalahan kesehatan yang dapat di obati dengan selasih.

1.     Demam, Diare, Gangguan Pencernaan, Nyeri Lambung, Radang Usus.
Berikut resep pengobatanya. Cuci bersih 15 g daun sawi tanah segar. Rebus bahan itu dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 ½ gelas. Saring dan minum ramuan ini 3 kali sehari. Masing-masing ¾ gelas.
2.     Tuberkulosis
Resepnya sama dengan pengobatan no 1

3.     Sakit kepala, Haid Tidak Teratur dan Rematik
Resepnya sama dengan pengobatan no 1

4.     Pengobatan Radang Mata, Bercak Putih pada selaput bening mata
Resepnya sama dengan pengobatan no 1, namun takaranya sekitar 5 g biji selasih.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.