Breaking News
recent

Sepuluh Kunci Surga Yang Perlu Anda Ketahui



Kalangan umat muslim tentu tidak asing dengan kata surga. Surga diibaratkan seperti negeri pahala dengan kenikmatan abadi. Karena di dalamnya terdapat segala sesuatu yang tak pernah dipandang oleh mata, didengar telinga dataupun dirasakan hati. Dan sebagai umat muslim meyakini itu semua merupakan bagian dari kesempurnaan iman.

Setiap umat muslim pasti menghendaki untuk ditempatkan di surganya Alloh. Karena surga itu digambarkan dengan kenikmatan-kenikmatan yangluar biasa dan hanya diperuntukkan kepada hambanya yang iman dan bertaqwa kepada Alloh.

Dengan kriteria tersebut, semua umat muslim berusaha keras untuk memantaskan dirinya agar ditempatkan ke dalam surga. Oleh karena itu, Alloh telah memberikan petunjuk-petunjuk melalui alqur’an agar umat manusia memiliki pedoman dan tuntunan. Berikut ini adalah 10 Kunci Surga Yang  dapat dijadikan pedoman bagi kaum muslim.

Yang ke 1 dan ke 2 adalah Iman dan Amal Sholeh. Keterangan menganai iman dan amal sholeh sebagai kunci utama untuk memasuki surga termaktub dalam alquran surat Al Baqoroh 25 dan An nisa’ 57.

Yang artinya "dan orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, kelak akan Kami masukkan mereka kedalamsurga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, mereka kekal didalamnya,. Merek mempunyai istri-isteri yang suci dan Kami masukkan mereka ke tempat yang teduh lagi nyaman." (An Nisa’ 57)

Yang ke 3 adalah takwa. Keterangan tentang kenikmatan surga diperuntukkan untuk orang-orang yang bertakwa disebutkan dalam Alqur’an diantarany dalam surat Ali Imron 15 – 17, Ar Rad 35, Al Hijr 45-48 dan beberapa surat lainya.

Yang ke 4 adalah mentaati Alloh dan Rasululloh. “Dan barang siapa yang mentaati Alloh dan Rasul-Nya, mereka itu akan bersama-sama dengan orang yang dianugrahi nikmat oleh Alloh, yaitu Nabi-nabi, para shidiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang shaleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya (An Nisa’ 69). Dari ayat tersebut alloh telah memberitahukan tantang balasan yang akan diterima oleh orang-orang yang taat kepada Alloh dan Rasulululloh SAW.

Yang ke 5 dan 6, Hijrah dan Jihad dengan Jiwa dan Harta. Berikut ini keterangan dari Alqur’an yang menjelaskan balasan kepada orang-orang yang berhijrah dan berjihad dengan jiwa dan harta. Diantaranya disebutkan dalam surat Ali Imran 142, 195, At Taubah 20-22, 88-89, 111-112. Hijrah adalah meninggalkan sesuatu ke sesuatu yang lain yang lebih baik.

Yang ke 7 sampai 10 adalah mendirikan Shalat, Membayar zakat, beriman kepada para rasul, dan memberi pinjaman yang baik kepada Alloh. Keterangan Alqur’an yang menjelaskan tentang 4 hal ini terdapat pada surat Al Maidah ayat 12. Kemudian beberapa hal tersebut dijelaskan secara rinci dengan ayat-ayat lain dan diperkuat dengan hadis Rasululloh. 

Demikian itu 10 kunci surga yang digambarkan dan dijelaskan dalam kitab Alloh yaitu Alqur’an. Semoga kita senantiasa menggapai semua itu untuk kebaikan di akhirat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.