Breaking News
recent

Tiga Hal Pokok Yang Bikin Otak Cerdas


Otak memiliki peran dan fungsi sangat kompleks untuk menggerakkan keseluruhan sistem kinerja yang mempengaruhi keseluruhan aktifitas manusia. Hal ini akan tercerminkan pada saat orang berfikir, berkata maupun saat bertindak. Oleh sebab itu setiap orang berusaha agar kapasitas otaknya dapat berkembang dengan baik, bertahan dan berfungsi secara maksimal terutama terhadap perkembangan otak pada buah hati kita.


Kecerdasan dan perkembangan otak seseorang itu dipengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berkaitan. Dari faktor tersebut semuanya saling melengkapi terutama dalam pembentukan dan optimalisasi kinerja otak seseorang. Berikut ini tiga faktor utama yang berpengaruh terhadap perkembangan dan kecerdasan otak seseorang.

1.     Genetis/keturunan
Tidak bisa dipungkiri bahwa sedikit banyak kecerdasan dan kapasitas orang tidak lepas dari ayah dan ibunya. Seseorang yang memiliki ayah atau ibu yang pandai kemungkinan besar juga akan menurun pada anaknya. Teori mungkin tidak sepenuhnya benar 100% akan tetapi hal ini tentu memang sudah digariskan seperti kemiripan wajah atau bentuk tubuh yang sama. Selain itu dalam tradisi jawa bisa juga disebut dengan bibit atau dalam istilah arab menyebutnya dengan nasab (keturunan). 

Istilah tersebut mengacu pada garis keturunan seseorang yang diperhitungkan karena faktor genetis yang berpengaruh pada semua elemen dalam pembentukan tubuh, sikap ataupun kepribadian.

2.     Pembelajaran
Poin yang kedua adalah pembelajaran. Jadi daya ingat dan kapasitas otak seseorang itu juga dipengaruhi oleh proses pembelajaran dalam dirinya. Mungkin kita sering mendengar wejangan atau nasihat dari orang tua kita untuk belajar yang pandai, yang cerdas dan lain sebagainya. Dan hal itu memang benar, otak yang secara terus menerus diberi informasi secara otomatis otak akan merekamnya sehingga hal ini akan menguatkan daya ingat kita.

Otak manusia memiliki prisnsip sinergi, dimana keseluruhan informasi yang diterima lebih besar dari jumlah bagianya dan hal itu terus berkembang sesuai dengan proses pembelajaran dalam dirinya. Pembelajaran yang baik meliputi 4 hal diantaranya percobaan, peristiwa, umpan balik, dan penyesuaian diri.

3.     Lingkungan
Lingkungan merupakan elemen yang berada disekitar kita yang ada dan terjadi. Hal ini berpengaruh terhadap kinerja dan perkembangan otak secara menyeluruh. Beberapa hal yang berkaitan dengan lingkungan ini adalah nutrisi, pergaulan, hobi dan polusi atau radikal bebas.

Asupan nutrisi sangat mempengaruhi perkembangan dan kecerdasan otak manusia. Nutrisi yang baik harus dilakukan sedini mungkin mulai dari program kehamilan, proses kehamilan, bayi balita dan seterusnya. 

Kemudian pergaulan, pergaulan ini juga sangat penting, jika bergaul dengan orang-orang yang pandai tentu seseorang akan lebih termotivasi. Karena secara otomatis pasti ikut terlibat diskusi, belajar yang secara tidak langsung ada proses transfer informasi.

Kesamaan hobi ini juga berpengaruh terhadap pola dan perkembangan otak. Karena seseorang yang memiliki hobi sama akan lebih mudah interaksi dan komunikasinya sehingga hal ini memungkinkan untuk menentukan teman-teman dalam pergaulanya. Dan yang terakhir adalah polusi dan radikal bebas. Terdapat banyak studi yang menjelaskan tentang pengaruh polusi terhadap kinerja otak. Beberapa efek atau masalah yang ditimbulkan seperti cepat lelah, kurang konsentrasi, mudah lupa dan lain sebagainya. Oleh karena itu hal ini harus diimbangin dengan makanan yang mengandung gizi dan nutris yang seimbang.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.