Breaking News
recent

Krokot, Rumput Liar Ynag Bermanfaat Bagi Kesehatan



Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan ini. Tumbuhan ini merupakan salah satu makanan favorit kelinci. Krokot, di daerah jawa lebih dikenal dengan sebutan tersebut. Jika di daerah melayu dikenal dengan sebutan gelang. Tumbuhan ini termasuk dalam kategori rumput liar. Pasalnya tumbuhan ini dapat mudah tumbuh dilahan atau pekarangan yang subur. 



Krokot memiliki ciri daun kecil, dengan batang yang berair. Tumbuhan liar ini terkadang terlihat mengganggu pemandangan karena krokot dapat tumbuh subur terutama pada musim penghujan seperti saat ini. Krokot memiliki nama ilmiah Portulaca oleracea L. krokot juga mengandung beberpa zat kimia seperti KCI, nicotinic acid, tannin, saponin dan beberapa zat kimia lainya.

Karena beberapa zat yang dikandungnya sehingga krokot memiliki efek farmakologis seperti penurun panas, antitoksik, peluruh kencing dan lain sebagainya. Selain hal tersebut krokot juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan lainya, diantaranya sebagai berikut.

1.     Badan sakit dan gangguan sistem saluran kencing
Rebus 9-13 g herba krokot segar dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusanya 3 kali sehari

2.     Bisul
Buat teh krokot secukupnya. Lalu minum the krokot setiap hari

3.     Borok atau radang kulit
Cuci bersih krokot segar dan tumbuk  hingga halus. Tambahkan sedikit garam. Dan hasil tumbukan gunakan untuk menurap bagian yang sakit

4.     Demam
Rebus krokot sebentar, jangan terlalu matang. Lalu makan sebagai lalap.

5.     Jantung berdebar
Cuci 4 batang krokot lalu giling. Tambahkan ½ cangkir air matang dan 1 sendok makan madu, lalu peras. Saring air perasan dan minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

6.     Disentri
Uapkan 550 g herba krokot segar selama 3-4 menit lalu tumbuk sampai halus. Peras hasil tumbukan sampai menghasilkan 150 ml cairan. Minum air hasil perasan 3 kali sehari. Masing-masing 50 ml.

7.     Radang akut usus buntu
Cuci bersih segenggam herba krokot segar lalu tumbuk. Peras air hasil tumbukan hingga menghasilkan 30 ml cairan. Tambahkan gula putih secukupnya dan air matang 100 ml. minum larutan ini 3 kali sehari.

8.     Sakit kuning
Rebus 13 g herba krokot segar dengan 2 gelas air. Lalu minum air rebusanya.

9.     Radang gusi
Rebus 13 g herba krokot segar dengan 2 gelas air. Lalu minum air rebusanya.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.