Breaking News
recent

Talok, Tanaman Perindang Yang Kaya Manfaat



Tanaman memiliki pohon yang dapat berukuran besar dan memiliki daun yang kecil-kecil dan berbulu. Di sebagian daerah tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman perindang. Biasanya ditanam di area sekitar rumah atau di sawah, sehingga dapat dimanfaatkan untuk berteduh dari terik matahari.


Jika tanaman ini berumur 1 atau 2 tahun, maka tanaman ini akan berbuah. Buahnya berukuran kecil dan hijau, jika sudah masak buahnya bisa seukuran kelereng dan berwarna merah. Buahnya memiliki rasa manis dan sedikit getir. Serta memiliki biji kecil yang banyak seperti halnya buah ciplukan. Di beberapa daerah memiliki sebutan yang berbeda-beda pada buah ini seperti talok, kersen, ceri dan orang Madura menyebutnya Baleci.

Biasanya orang-orang tidak begitu perhatian dan mengabaikan buah ini jika dibandingkan dengan buah-buah yang lain. Sehingga buah menjadi makanan favorit bagi burung-burung pemakan buah-buahan seperti kutilang dan jenis burung lainnya. Disisi lain buah ini juga mengandung banyak manfaat terutama bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang diperoleh dari buah talok.

1.      Hipertensi
Bagi orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat mengonsumsi buah ini secara rutin. Karena senyawa yang terkandung didalamnya, buah ini dapat membantu menetralkan tekanan darah tinggi. Caranya dapat dimakan secara langsung atau juga bisa diblender dan dikonsumsi sebagai jus.

2.     Asam Urat
Buah talok juga dapat digunakan untuk menurunkan asam urat. Caranya hampir sama dengan yang sebelumnya, setelah mencuci bersih buah talok yang sudah masak kemudian makan atau blender dan minum secara teratur

3.     Anti Inflamasi
Inflamasi atau Peradangan. Permasalah kesehatan ini juga dapat diatasi dengan bahan talok ini. caranya dengan merebus daun talok secukupnya dan minum.

4.     Anti Oksidan
Buah talok termasuk buah yang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga mengonsumsi buah ini secara rutin juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. sehingga tubuh dapat terhindar dari radikal bebas.

5.     Anti Kanker
Daun talok ini mengandung zat flavonoid. Dan zat ini dipercaya mampu meminimalisir munculnya sel-sel kanker dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.