Breaking News
recent

Empat Amalan Ringan Penghapus Dosa



Setiap orang tentu tidak ada yang suci dari dosa. Dosa merupakan ganjaran atau imbalan bagi orang yang telah melakukan kesalahan atau melakukan perbuatan yang dilarang oleh tuhan. Melalui petunjuk dan kitabNya, tuhan telah mengatur dan apa saja perbuatan yang dibolehkan dan yang dilarang. Semua perbuatan itu ada imbalanya, jika seorang melakukan kebaikan akan diberikan imbalan pahala dan bagi orang yang melakukan perbuatan yang dilarang akan mendapat dosa.



Alloh merupakan dzat yang maha pengampun, sehingga jika makhluknya melakukan perbuatan yang dilarang dan mereka mau bertaubat maka Alloh SWT akan senantiasa mengampuninya. Hal ini diperkuat dengan hadis nabi “Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau menyeru dan mengharap pada-Ku, maka pasti Aku ampuni dosa-dosamu tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya dosamu membumbung tinggi hingga ke langit, tentu akan Aku ampuni, tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya seandainya engkau mendatangi-Ku dengan dosa sepenuh bumi dalam keadaan tidak berbuat syirik sedikit pun pada-Ku, tentu Aku akan mendatangi-Mu dengan ampunan sepenuh bumi pula.” (HR. Tirmidzi)

Hal tersebut tentunya berkaitan dengan dosa yang kita sadari. Terkadang kita melakukan perbuatan dosa itu tanpa kita sadari. Misalkan pada saat kita bercanda dengan teman tanpa sengaja kita dapat menyakiti hatinya dan masih banyak prilaku perbuatan dosa yang tanpa kita sadari. Berikut ini adalah amalan-amalan ringan yang dapat mengahapus dosa seseorang. 

1.     Memperbanyak jalan ke masjid
Yang dimaksudkan disini adalah seseorang yang ingin dosanya diampuni oleh Alloh SWT. Hendaklah memperbanyak beribadah ke masjid. Seperti rajin sholat berjama’ah, mengaji dan beberapa amalan lain. Hal ini diperjelas dengan hadis nabi yang berbunyi “Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya. ” (HR. Muslim)”.

2.     Menyempurnakan Wudhu
Bagi seorang hamba yang ingin dosa-dosanya yang telah diampuni hendaklah memperbanyak dan menyempurnakan wudhunya. Kemudian disempurnakan dengan sholat 2 rokaat. Hal ini diperkuat dengan hadis nabi Barangsiapa berwudhu seperti wudhuku ini, lalu ia shalat dua raka’at (dengan khusyu’) tanpa berbicara dengan dirinya sendiri (memikirkan hal selain shalat, edt), niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. (HR. Bukhari dan Muslim)


3.     Menunggu datangnya shalat berikutnya seusai melaksanakan shalat.
Menunggu ternyata juga dapat menghapuskan dosa-dosanya yang telah lalu. Seperti dijelaskan Rasululloh SAW ““Maukah aku tunjukkan kepada kalian hal-hal yang dengannya Allah menghapuskan dosa-dosa dan meninggikan derajat?” Para sahabat menjawab: “Tentu, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda: “Menyempurnakan wudhu atas hal-hal yang tidak disukai (cuaca dingin, kondisi sakit, edt), banyak melangkahkan kaki ke masjid dan menunggu shalat usai shalat. Itulah yang disebut ribath. ( HR. Muslim)

4.     Doa setelah adzan.
Membaca do’a setelah adzan juga dapat mengahapuskan dosa kita. hal ini diperjelas dengan hadis nabi “Aku bersaksi bahwa tiada Ilah Yang berhak diibadahi selain Allah, Maha Esa tiada sekutu bagi-Nya dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan utusan-Nya. Aku telah ridha Allah sebagai Rabbku, Muhammad sebagai rasulku dan Islam sebagai dienku" niscaya dosa-dosanya diampuni. (HR. Muslim).

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.