Breaking News
recent

Kenali Manfaat Lain Dari Kulit Semangka



Kulit semangka sering kita abaikan setelah kita memakan daging buahnya. Semangka termasuk buah favorit bagi masyarakat Indonesia. Pada umumnya ketika mereka ingin memakan buah semangka mengupas kulitnya terlebih dahulu atau mengirisnya menjadi beberapa bagian agar mudah dipisahkan dengan kulitnya.

Buah semangka memiliki kandungan vitamin dan beberapa unsur lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Begitu juga kulit dari buah ini juga mengandung senyawa atau zat kimia yang bermanfaat untuk beberapa masalah kesehatan ataupun yang lain. Kulit buah semangka mempunyai kandungan 1. 8 kalori yang berguna sekali untuk badan dan memiliki kandungan 2 % vitamin C serta vitamin B6.



Selain kandungan tersebut yang tak kalah hebat adalah kandungan citrulline yang berperan juga sebagai antioksidan yang berguna untuk melindungi badan kita dari cuaca radikal bebas. Terkecuali dari pada itu, citrullin didalam badan dapat beralih jadi arginin. Arginin yaitu asam amino yang bermanfaat untuk bertindak utama dalam sistem kekebalan badan serta memperlancar peredaran darah.
 
Karena kandungannya yang luar biasa, berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat dihasilkan dari bahan dasar kulit semangka.

1.    Penyubur rambut
Kulit Buah Semangka, Secukupnya. Cuci bersih kulit buah semangka lalu kerok bagian daging kulit bagian dalamnya yang berwarna putih dan ramun siap digunakan. Pada sore hari gosokkan ramuan ini pada kulit kepala secara merata dan biarkan selama semalam. Keesokan harinya, cuci hingga bersih dan lakukan selam seminggu.

2.    Mencerahkan kulit
Ambil bagian putih dari kulit buah semangka secukupnya. Lalu haluskan dengan cara diblender atau diparut. Gunakan sebagai masker atau luluran dan diamkan hingga beberapa saat. Kemudian bilas dengan air bersih dan lakukan secara rutin.

3.    Menetralkan Tekanan Darah Tinggi
Bagian putih dari kulit semangka dipercaya dapat digunakan untuk menetralkan tekanan darah tinggi. Bisa dengan cara dimakan secara langsung atau dikonsumsi sebagai jus.

4.    Mencegah Penuaan
Senyawa yang terkandung dalam kulit semangka seperti likopen, vitamin C dan vitamin A dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Dengan begitu masalah yang dapat menjadikan kulit keriput, timbul garis-garis halus disertai bintik-bintik akan terhindari.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.