Breaking News
recent

Mengenal Warisan Terakhir Penguasa Abbasiyah.

Pada masa pemerintahan abbasiyah merupakan salah satu pemerintahan dimana islam berada dipuncak kejayaanya. Pada masa ini tentu sangat banyak peninggalan-peninggalan yang diwariskan kepada kita saat ini. Peninggalan dan warisan ini kemudian dapat kita jadikan sebagai pelajaran untuk mengetahui lebih daam tentang sejarah peradaban islam yang pernah ada.


Al-Mustansiriyah merupakan perguruan tinggi sekaligus menjadi warisan terakhir dari penguasa Abbasiyah. Universitas Al-Mustansiriah ini termasuk universitas tertua di kota Baghdad, Irak. Universitas ini mulai berdiri pada tahun 5 Mei 1234 M oleh Khalifah al-Mustansir Billah yang merupakan raja ke 37 bani Abbasiyah. Dalam sejarah mencatat bahwa Al-mustansiriyah pernah berjaya sekitar abad ke 13 M, serta memiliki peranan penting dalam sejarah peradaban islam.

Bangunan Universitas Al-Mustansiriyah ini sangat terkenal akan keindahanya. Terletak di tepi sungai Tigris sehingga memiliki pemandangan dan panorama yang begitu berkesan. Perguruan tinggi juga pernah menjadi korban keganasan invasi bangsa mongol yang mengakibatkan kerusakan dibeberapa bagian. Saat ini sisa bangunan tersebut menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Akibat serangan itu, perguruan tinggi ini juga pernah mati dan dihidupkan kembali pada tahun 1963 M.



Secara akademis universitas ini menjadi perguruan tinggi yang mengajarkan dan menyatukan empat madzab fikih sunni sekaligus. Selain itu juga mengajarkan tentang ilmu alqur’an, hadis dan beberapa ilmu umum yang akhirnya ini menjadi cikal bakal perintis dunia pendidikan di Baghdad yang mengajarkan banyak bidang ilmu pengetahuan dalam satu tempat. 

Kini, Al-Mustansiriyah juga masih ada dengan perubahan dan perkembangan yang berbeda dari masa sebelumnya. Al-mustansiriyah modern memiliki 10 fakultas, dua isntitut dan empat pusat studi dan kajian. Beberapa fakultas tersebut dianataranya Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Seni, Pendidikan, Sains, Teknik, Pendidikan Kedikteran, dan lain sebagainya. 

Beberapa bangunan itu juga sempat dihantam bom dalam serangan beberapa tahun yang lalu. Akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan minat dan keinginan untuk menimba ilmu disana. Bagi anda yang berkunjung ke Baghdad tidak ada salahnya untuk mampi ke perguruan tinggi ini untuk melihat dan belajar tentang sejarah perdaban dan kejayaan Islam yang pernah ada.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.