Breaking News
recent

13 Hal Yang Biasa Membuat Orang Mudah Lupa



Lupa adalah salah satu sifat manusiawi semua orang. semua orang pasti pernah mengalami lupa, baik lupa menaruh sesuatu atau lupa melakukan sesuatu hal. Meskipun hal ini merupakan sifat manusiawi akan tetapi jika hal ini menjadi suatu kebiasaan tentu sangat mengganggu. Lupa terjadi karena otak tidak dapat memunculkan memori terkait dengan informasi yang kita butuhkan


Banyak orang beranggapan bahwa lupa itu disebabkan oleh faktor usia. Namun tidak menutup kemungkinan usia muda juga sering mengalami sifat lupa. Disisi lain juga terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan orang mudah lupa, diantaranya adalah

1.     Terlalu Fokus
Seseorang yang terlalu fokus memikirkan satu hal justru dapat mengakibatkan lupa dengan hal lainya. Kesbikan yang terlalu menyita perhatian bisa menyebabkan seseorang tidak sempat memikirkan hal lain.

2.     Nutrisi Yang Kurang Memadai
Otak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup baik dan sehat guna menunjang fungsinya agar maksimal. Oleh karena itu jika asupan otak kurang tercukupi dengan baik dapat berakibat menurunnya fungsi otak untuk merekam seluruh kegiatan manusia.

3.     Informasi yang terlalu banyak
Lupa bisa juga disebabkan karena banyaknya informasi yang masuk secara bersamaan kedalam otak seseorang. Situasi tersebut menyebabkan hanya sedikit saja yang bisa kita ingat dari hal-hal yang penting.

4.     Penyakit diabetes
Seseorang yang memiliki kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan memori otaknya sedikit terganggu. hal ini terjadi karena ada hubungan antara kadar gula dalam darah dengan memori otak.

5.     Kurang Istirahat
Otak mengandalkan tidur sebagai sarana menyimpan memori baru. Sehingga jika kita kurang istirahat maka otak juga akan bekerja lebih berat untuk menyimpan setiap kejadian yang dilakukan. Seperti halnya mesin, jika secara terus menerus digunakan tanpa istirahat juga akan mengalami penurunan performanya.

6.     Metabolisme tubuh menurun
Siklus metabolisme tubuh juga sangat dibutuhkan oleh otak. Karena metabolisme ini dapat mengontrol hormon tiroid yang dapat memaksimalkan fungsi sel-sel otak.

7.     Usia
Semakin bertambahnya usia seseorang tentu dapat mempengaruhi daya ingat seseorang. Seseorang yang usianya sudah lanjut ini akan sulit menyerap asupan vitamin b12 dari makanan. Padahal vitamin ini dapat menghindarkan seseorang dari penyakit lupa atau pikun.

8.     Depresi
Ketika seseorang mengingat suatu hal dalam memori jangka pendek atau jangka panjang justru orang tidak dapat berbuat apapun. Orang yang menderita depresi ini akan merasa hal yang dilakukanya tidak memiliki makna apapun.

9.     Kebanyakan banyak konsumsi obat
Terlalu banyak konsumsi obat-obatan kimia juga berpengaruh terhadap daya ingat kita. oleh karena itu batasi atau minimalisir penggunaan obat kimia. Seperti obat alergi, obat tidur, dan obat-obatan lainya.

10.                         Kurang olahraga
Seseorang yang sehat tentu akan memiliki daya ingat yang kuat. Oleh karena itu seseorang yang kurang olahraga akan berdampak pada daya ingat yang menurun dan mudah lupa.

11.                        Polusi atau radikal bebas
Menurut beberapa dokter pengaruh polusi dan radikal bebas juga menyebabkan perkembangan saraf otak terganggu. sehingga berdampak menurunya fungsi otak.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.