Breaking News
recent

7 Tips Sehat dan Alami Untuk Menyuburkan Rambut



Rambut merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi penampilan seseorang. Seseorang yang memiliki rambut indah tentu akan tampil lebih percaya diri. Terutama bagi wanita, rambut merupakan mahkota  yang paling berharga. Oleh sebab itu menjaga dan merawat rambut merupakan sutu keharusan yang harus dilakukan.

Meskipun kita sudah berusaha maksimal untuk menjaga dan merawatnya, terkadang rasa puas itu tetap belum optimal. Setiap orang pasti memiliki karakter rambut yang berbeda-beda, sehingga masalahnya pun juga bermacam-macam. Salah satunya masalah rambut terlihat tipis dan kusam. 



Rambut tipis ini pada umumnya disebabkan karena terjadi kerontokan atau faktor genetik yang menyebabkan tumbuhnya rambut tidak maksimal. Berikut ini beberapa resep alami untuk menyuburkan rambut.

1.     Kulit Buah Semangka, Secukupnya. Cuci bersih kulit buah semangka lalu kerok bagian daging kulit bagian dalamnya yang berwarna putih dan ramun siap digunakan. Pada sore hari gosokkan ramuan ini pada kulit kepala secara merata dan biarkan selama semalam. Keesokan harinya, cuci hingga bersih dan lakukan selam seminggu.

2.     Buah mengkudu masak, 2 buah, madu 1 sendok makan. Parut mengkudu masak lalu peras dan saring airnya dengan sepotong kain. Tambahkan mamdu pada air perasan dan aduk hingga merata. Minum ramuan ini sekaligus, lakukan 2 kali sehari.

3.     Herba tali putri segar 1 genggam. Cuci bersih dan masukkan kedalam mangkuk, tambahkan ½ cangkir air bersih seraya diremas-remas hingga keluar lendirnya. Saring dan peras dengan sepotong kain lalu kumpulkan air perasan. Gunakan airperasan untuk membasahi kulit kepala beserta rambut. Lakukan setelah mandi sore dan keesokan harinya keramas sampai bersih. Lakukan 2 kali seminggu.

4.     Buah asam yang sudah tua secukupnya. Campur buah asam dengan sedikit air dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan ini untuk memijat kulit kepala. Setelah kering keramas hingga bersih dan lakukan sekali dalam seminggu.

5.     Daun lidah mertua segar 2 batang. Cuci bersih lidah mertua dan potong-potong seperlunya. Giling sampai halus kemudian tambahkan air dan aduk hingga merata. Peras dengan sepotong kain. Gunakan airnya untuk membasahi kulit dan rambut kepala, tutup dengan sepotong kain. Lakukan sesudah mandi sore dan esok harinya bilas rambut sampai bersih.

6.     Daun dan batang bandotan segar. Cuci daun dan batang bandotan sampai bersih lalau tumbuk sampai halus. Oleskan ramuan ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut. Tutup kepala dengan sepotong kain dan diamkan selama 2-3 jam. Setelah itu bilas rambut hingga bersih. Lakukan 1-2 minggu sekali.

7.     Daun dan batang bayam merah segar 1 ikat, gaeam halus 1 ujung sendok teh. Cuci bersih daun dan batang bayam kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit garam dan aduk hingga merata. Peras dan saring airnya. Minum ramuan ini sekaligus dan lakukan 2-3 kali seminggu.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.