Breaking News
recent

11 Resep Ampuh Atasi Osteoporosis


Osteoporosis adalah salah satu masalah kesehatan yang berkaitan dengan tulang. Atau yang lebih dikenal dengan istilah pengeroposan tulang. Osteoporosis lebih sering dijumpai pada orang tua, baik laki-laki maupun perempuan. Namunn perempuan yang telah melalui masa menopause memiliki resiko lebih tinggi terhadap masalah ini.

Pengeroposan tulang ini terjadi karena kekurangan hormone esterogen terutama pada wanita yang dapat membantu mengangkat atau menyerap kalsium kedalam tulang. Pada umumnya orang yang terkena masalah ini akan merasakan nyeri di bagian punggung. Dan nyeri itupun tak kunjung hilang bahkan bisa bertahun-tahun.



Saat ini berbagai macam upaya dilakukan untuk dapat terhindar dan meminimalisir dari dari masalah pengeroposan tulang ini. salah satunya memenuhi suplemen zat yang dibutuhkan tubuh seperti sayuran, air, vitamin dan lain sebagaianya. Selain itu terdapat juga beberapa resep ramuan yang dapat digunakan sebagai alternative pilihan untuk mengatasi osteoporosis ini.

1.     Kacang gude seperlunya, bersihkan kacang gude dan masak sebagai sayur. Konsumsi sebagai makanan setiap hari layaknya mengonsumsi sayur.

2.     Biji bunga matahari, secukupnya. Jemur biji bunga matahari hingga mongering dan konsumsi sebagai kuaci
Catatan. Saat ini sudah banyak kuaci atau biji bunga matahari yang dijual di toko-toko makanan

3.     Batang seledri ukuran besar, 3-4 tangkai. Cuci bersih batang seledri kemudian tumbuk atau blender hingga halus. Peras air seledri hingga terkumpul ½ cangkir, lalu tim sebentar sampai hangat. Selagi hangat minum ramuan ini sekaligus dan lakukan sehari 1 kali pada pagi hari.

4.     Daun baru cina 10-30 g (kondisi segar) atau 5-10 g (kering). Rebus bahan ini bersama  3 gelas air  dan diamkan hingga tersisa 1 gelas. Angkat, dinginkan dan saring. Minum ramuan ini 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

5.     Herba kering cakar ayam 15-30 g. rebus bahan ini bersama 4 gelas air diatas api kecil dan diamkan hingga tersisa 1 gelas. Angkat, dinginkan dan saring. Minum ramuan ini sekaligus yaitu pada pagi hari. Ampas yang tersisa masih bisa direbus dan digunakan lagi untuk diminum pada sore hari.
Catatan. Herba kering cakar ayam ini bisa diperoleh di toko obat china.

6.     Daun gandarusa 30-60 g (segar) atau 15-30 (kering). Rebus daun gandarusa dengan 3 gelas air hingga bersisa 1 gelas. Angkat, dinginkan dan saring. Minum pada pagi dan sore masing-masing ½ gelas.
Catatan. Ibu hamil dilarang mengkonsumsi ramuan ini.

7.     Herba tapak kuda 30-60 g (segar) dan takaran separuhnya (kondisi kering), arak ketan 1 gelas. Cuci bersih herba tapak kuda kemudian rebus dengan 1 gelas air. Tambahkan arak ketan dan didihkan selama 15 menit. Angkat, dinginkan dan saring. Minum ramuan ini 3 kali sehari dengan dosis yang sama masing-masing 1/3 bagian.

8.     Daun teh hijau kering 4-7 g. seduh daun teh dengan 100 cc air panas dan diamkan selama 1 menit. Lalu angkat daunnya dan minum setiap pagi hari.

9.     Herba pegangan segar 30-60 g. cuci bersih bahan ini lalu rebus dengan 3 gelas air hingga bersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum ramuan ini sekaligus.
Catatan. Mengonsumsi herba pegangan dalam dosis tinggi dapat menimbulkan efek negatif yakni memiliki efek seperti halnya mengonsumsi narkotika dan sejenisnya.

10.Brokoli ukuran sedang secukupnya. Cuci bersih brokoli dan potong-potong secukupnya. Rebus selama 2 menit dalam air yang sudah mendidih. Angkat dan tiriskan. Konsumsi sebagai lalapan matang.
Catatan. Proses perebusan yang lama bisa merusak zat yang terkandung dalam sayur ini.

11. Kacang panjang 30 g. cuci bersih kacang panjang kemudian potong-potpng seperlunya. Blender dengan setengah cangkir air  masak dan konsumsi sebagai jus. Minum pada pagi hari sebelum sarapan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.