Breaking News
recent

Lima Hal Yang Diperoleh Bagi Ahli Alqur’an



Alqur’an merupakan kitab suci agama Islam. Kitab ini merupakan kitab terakhir yang diturunkan Alloh setelah 4 kitab sebelumnya. Alqur’an dijadikan sebagai pedoman utama dan petunjuk kehidupan bagi kaum muslimin. Karena, disetiap ayat-ayatnya mengandung makna dan pelajaran tentang kehidupan manusia.

Kitab Al-Qur'an tidak turun sekaligus, ayat-ayat al-Qur'an turun secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Para ulama membagi masa turunnya ini dibagi menjadi 2 periode, yaitu periode Mekkah dan periode Madinah. Penulisan (pencatatan dalam bentuk teks) ayat-ayat al-Qur'an sudah dimulai sejak zaman Nabi Muhammad. Kemudian transformasinya menjadi teks yang sudah dibundel menjadi satu seperti yang dijumpai saat ini



Kitab alqur’an mendapat posisi yang sangat mulia bagi umat islam. Sebagian ulama berpendapat bahwa seseorang yang ingin menyentuhnya saja harus bersih dari hadas kecil maupun hadas besar. keutamaan lainya adalah pahala besar yang berlipat bagi seseorang yang membacanya meskipun tidak mengerti artinya. Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan yang diperoleh bagi orang yang membacanya.

1.     Syafaat Alqur’an di Akhirat
Bagi seorang hamba yang menginginkan dirinya mendapat pertolongan kelak di akhirat hendaknya senantiasa mengamalkan dan membaca alqur’an. Hal ini diperkuat dengan hadis nabi Muhammad SAW yang telah diriwayatkan oleh Imam Muslim “Bacalah al-Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya.” (HR. Muslim) Dan sabda beliau Nabi Muhammad saw: “Puasa dan Al-Qur’an keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat…” (HR. Ahmad dan Al-Hakim).

2.     Pahala kebaikan yang besar
Rasullulloh telah menegaskan bahwa seseorang yang membaca alqur’an akan mendapat kebaikan yang berlipat-lipat. Hal ini diperkuat dengan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi “Barang siapa yang membaca satu huruf kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

3.     Kedudukan yang tinggi di surga
Keutamaan lain dari ahli qur’an adalah mendapatkan kedudukan yang tinggi di surga. Hal ini diperkuat dengan hadis Rasululloh SAW “Bacalah (al-Qur’an), naiklah (pada derajat-derajat syurga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil didunia. Sesungguhnya kedudukan derajatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca.” (HR. Ahmad).

4.     Menjadi Obat dan penentram hati
Alqur’an disebut juga dengan sebutan as-syifa yang berarti obat. Dalam alquran terdapat ayat-ayat yang mengandung penjelasan ilmiah tentang pengobatan-pengobatan terhadap penyakit. Selain itu, alquran juga sebagai penentram hati. Maksudnya seseotang yang senantiasa membacanya setiap hari akan mendapatkan ketentraman dalam hatinya. Hal ini diperkuat dengan hadis berikut ini “Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Al-Qur’an” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud) dan “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS.13:28).

5.     Penolong kepada dirinya dan keluarganya
Seorang ahli qur’an kelak tidak hanya mendapatkan pertolongan pada dirinya saja. Namun juga pada kedua orang tuanya. Hal ini diperjelas dengan hadis nabi Muhammad SAW sebagai berikut. “Siapa saja membaca al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘bagaimana dipakaikan kepada kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘karena anakmu telah membawa al-Qur’an”. (HR. Al-Hakim).

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.