Breaking News
recent

12 Resep Ampuh Menurunkan Asam Urat



Penyakit Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelebihan zat purin dalam darah. Asam urat ini adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari zat makanan yang kita konsumsi. Penyakit ini sejenis radang sendi dan salah satu dari dua ratus lebih bentuk penyakit radang sendi yang berbeda-beda.

Pada umumnya gejala penyakit ini adalah rasa nyeri di persendian. Bisa juga mengalami pembengkakan di sekitar sendi kaki, atau tangan. Pria lebih beresiko terserang penyakit ini dibandingkan dengan wanita. Selain jenis kelamin, usia dan gaya hidup juga menjadi penyebab besar terhadap munculnya penyakit asam urat ini. 



Saat ini, obat-obat kimia untuk mengobati penyakit ini sangat mudah ditemukan di apotik bahkan bisa dijual bebas. Akan tetapi sebagian orang lebih memilih pengobatan secara alami. Selain aman dari efek samping juga kita dapat meminimalisir konsumsi dari bahan-bahan kimia. Salah satunya air putih, mengkonsumsi air putih 8-10 gelas perhari juga dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa resep alami yang mampu untuk mengobati penyakit ini.

1.     Herba tempuyung, 15 – 60 g
Cuci bersih herba tempuyung, rebus dengan tiga gelas air hingga tarsisa 1 gelas. Angkat, dinginkan dan saring.
Minum ramuan rebusan ini 2 kali sehari, masig-masing ½ gelas.

2.     Akar anting-anting kering, 2 bonggol
Cuci bersih akar kemudian potong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring dan dinginkan.
Minum ramuan ini 2 kali sehari amsing-masing ½ gelas.

3.     Herba meniran 30-60 g
Cuci bersih dan rebus dengan 3 gelas air bersih hingga bersisa 1 gelas. Saring dan dinginkan. Minum ramuan ini sekaligus.

4.     Daun dan batang seledri 60-120 g
Cuci daun dan batang seledri kemudian iris tipis-tipis. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Angkat, dinginkan dan saring. Minum ramuan ini sekaligus.
Catatan: resep ini tidak boleh diminum oleh penderita gangguan ginjal.

5.     Herba suruhan segar 30 g.
cuci bersih herba suruhan segar hingga bersih kemudian bilas dengan air masak. Tumbuk hingga hancur dan peras airnya. Minum air perasan ini sekaligus.

6.     Herba sambiloto 10-20 g.
Giling herba sambiloto kering hingga halus menjadi bubuk. Masukkan kedalam cangkir dan seduh dengan air panas lalu tutup hingga dingin. Minum ramuan ini sekaligus.
Catatan. Jangan berlebihan takaran karena bisa menyebabkan mual dan rasa tidak enaka dilambung.

7.     Herba daun sendok 10-15 g (kering) atau 15-30 g (segar). Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Angkat, saring dan dinginkan. Minum ramuan ini 1 kali sehari sebelum sarapan.

8.     Akar alang-alang 50 g, herba daun sendok 20 g, herba kumis kucing 100 g. cuci bersih semua bahan dan potong-potong seperlunya. Masukkan kedalam panci dan tambahkan 3 gelas air bersih, rebus hingga tersisa 1 gelas. Saring dan dinginkan kemudian minum ramuan ini pagi hari sebelum sarapan.
Catatan. Penderita asam urat dan hipertensi cocok minum ramuan ini.

 9.     Buah pare 200 g. Cuci bersih dan iris tipis-tipis. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring, minum ramuan ini 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.


10.     Adas kering 3-9 g. rebus buah adas dengan 3 gelas air biarkan hingga tersisa 1 gelas. Dapat juga menggiling buah adas samapi menjadi bubuk kemudian di seduh dengan air mendidih. Minum ramuan ini 1-2 kali sehari.
    Catatan. Ibu hamil dilarang meminum ramuan ini.

11.     Daun salam segar 10-15 lembar. Cuci bersih daun salam kemudian rebus dengan 3 gelas air dan biarkan hingga tersisa 1 gelas. Angkat, dinginkan dan saring. Minum ramuan ini 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

12.     Daun avokad segar 7 lembar. Cuci bersih daun avokad ini dan rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum ramuan ini 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.