Breaking News
recent

Lima Ilmuwan Dunia yang Inspiratif


Berikut ini adalah Tokoh yang paling inspiratif dalam sejarah ilmu alam.

1.       Edward Tyson: Ayah dari Anatomi Komparatif
   
Edward Tyson menganggap setiap hewan adalah keajaiban. Dia percaya bahwa memamhami tingkah laku dan prilaku hewan akan memungkinkan kita memahami manusia. Edward Tyson, Lahir pada tahun 1651.

Tyson adalah seorang ahli anatomi yang sangat terampil dan dia termasuk orang pertama di bidangnya yang dapat membandingkan anatomi hewan dengan manusia. Dia membandingkan antara Simpanse dan Monyet, kemudian mencatat bahwa simpanse ini memiliki lebih banyak kesamaan dengan manusia jika dibandingkan monyet.

Dari sini Tyson meletakkan dasar-dasar bagi ilmuwan lain bahwa sebelum melakukan pendekatan sistematis di perlukan mengklasifikasi kondisi alam terlebih dahulu. Tyson kemudian menemukan teori yang disebut Teori Anatomi Komparatif.

2.       Antoni van Leeuwenhoek: Ayah dari mikrobiologi

Antoni van Leeuwenhoek menemukan sebuah dunia baru. lahir di Belanda pada tahun 1632, adalah orang pertama yang melihat bakteri, melihat sel-sel yang membentuk darah, melihat mikroorganisme dalam air, dan memahami makna sperma.

Antoni van Leeuwenhoek, Selama hidupnya yang panjang ia membuat ratusan mikroskop sederhana dengan lensa tunggal, sering dirancang dan dibuat untuk eksperimen spesies tertentu. Van Leeuwenhoek memiliki rasa ingin tahu yang tak terbatas dan rela berpetualang dalam waktu yang lama hanya untuk meneliti spesies tertentu





3.    Alfred Russel Wallace: Ayah dari biogeografi evolusi

Teori elegan Evolusi oleh Seleksi Alam adalah salah satu penemuan paling penting dalam sejarah ilmu pengetahuan. Dua orang, Alfred Russel Wallace dan Charles Darwin, yang sering disebut sebagai penemu tetapi jika bukan karena Wallace teori mungkin tidak pernah dipublikasikan.

Alfred Russel Wallace lahir pada tahun 1823 dan sebagai seorang pemuda telah terpesona oleh gagasan bahwa suatu spesies dapat berkembang biak, kemudian Dia bertekad untuk menemukan mekanismenya. Dia berkeliling dunia mencari titik terang dan sempat singgah di Indonesia pada tahun 1858.

Sampai pada kesimpulan yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya, saat ia berada di Indonesia dia menderita malaria bahwa konsep seleksi alam sebagai mekanismenya pertama kali datang ke Wallace. Dan kesimpulannya benar-benar mengubah cara kita memahami dunia alam.

4.       Franz Baron Nopcsa : Ayah dari paleobiologi

Franz Baron von Nopcsa Felső-Szilvas adalah bangsawan Hongaria dan salah satu orang pertama yang berpikir kreatif tentang bagaimana hewan dapat mengalami kepunahan. Franz Baron von Nopcsa Felső-Szilvas, Sebelum Nopsca, paleontolog hanya tertarik pada penamaan dan menggambarkan dinosaurus dan bentuk langka kehidupan lainnya tanpa mempertimbangkan bagaimana mereka telah menjalani kehidupan mereka.

Di antara ide Nopsca adalah bahwa beberapa dinosaurus mungkin telah merawat anak-anak mereka, ini didukung dengan banyaknya penemuan dinosaurus fosil mengawasi sarang mereka.






5.       Sir Hans Sloane: Ayah dari British Museum

Sir Hans Sloane lahir pada tahun 1660, mungkin adalah kolektor yang paling produktif dalam sejarah dan dia memiliki selera eklektik. Meskipun sebagian besar koleksinya adalah tanaman dan hewan eksperimen, ia juga mengumpulkan koin dan medali, buku-buku dan manuskrip, patung-patung, gambar dan tampaknya memiliki kecintaan tertentu terhadap sepatu.

Sir Hans Sloane, Itu merupakan gelar yang diperoleh melalui karyanya sebagai dokter dan ahli pengobatan yang murah hati. Ketika ia meninggal pada tahun 1753, wasiatnya menyatakan bahwa seluruh koleksi 71.000 benda harus ditawarkan kepada pemerintah dengan nominal yang lebih rendah daripada nilainya.

Setelah pemerintah dan parlemen sepakat, kemudian lahirlah British Museum lahir yang kemudian diberi nama Natural History Museum pada tahun 1881 dan British Library pada tahun 1973. Kemurahan hati Sloane untuk bangsa memulai era baru, museum publik yang dimiliki merupakan bagian dari perubahan dan koleksi-koleksi yang ada dapat digunakan sebagai koleksi untuk memahami dunia.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.