Breaking News
recent

Tujuh Cara Mudah Tingkatkan Imunitas Tubuh


Tubuh manusia memiliki sistem atau mekanisme yang mampu menjaga tubuh dari pengaruh luar, yang kemudian lebih dikenal dengan sistem imunitas. Kesehatan seseorang akan dipengaruhi oleh sistem imunitas dalam melawan sel atau penyakit yang masuk didalam tubuhnya. Sistem kekebalan tubh yang baik tentu tidak akan memberikan kesempatan dari setiap patogen penyebab infeksi untuk berkembang didalam tubuh.

Sistem imun ini tentunya dipengaruhi oleh gaya hidup seseorang. Gaya hidup yang tidak sehat akan menyebabkan sistem imun dalam tubuhnya akan menurun sehingga patogen-patogen yang berbahaya akan mudah masuk dan berkembang didalam tubuh. Oleh sebab itu, kita harus menjaga sistem imun kita agar tetap meningkat untuk meminimalisir munculnya masalah kesehatan lain. 

Seperti halnya pada saat kita diberikan resep antibiotik oleh dokter, antibiotic akan berperan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan infeksi. Disisi lain kita juga dapat membangun sistem imunitas kita dengan kuat agar lebih mudah menangkal segala penyakit. Berikut ini adalah tujuh hal yang dapat meningkatkan sistem imunitas kita.

1.     Hindari Merokok
 Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 racun, yang sebagian besar dapat mengganggu atau membunuh sel-sel dalam tubuh sehingga menyebabkan menurunnya sistem imunitas atau kekebalan tubuh kita . Jadi, hindari merokok dan jauhi segala macam yang kontak dengan asap rokok.

2.     Menjaga kebersihan
Kuman merupakan salah satu penyebab utama masuknya penyakit kedalam tubuh. Oleh sebab itu kita harus senantiasa menjaga kebersihan di sekolah untuk meminimalisir masuknya sumber penyakit melalui kuman-kuman yang sekitar kita.

3.     Olahraga
Berolahraga dapat membantu untuk menjaga tubuh Anda tetap aktif, yang diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan kita. Olahraga teratur dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga sistem imunitas kita akan tetap stabil

4.     Tidur yang cukup
Tidur yang cukup merupakan suatu keharusan yang wajib dilakukan, mengendorkan dan mengistirahatkan saraf-saraf. Orang  dewasa membutuhkan sekitar 7 sampai 8 jam tidur dalam sehari. Tidur kurang dari itu dapat menyebabkan kekacauan pada sistem Anda . Tidur membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit. Jadi, tidur adalah salah satu untuk menjalani hidup sehat .

5.     Air
Air memiliki peran penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Minimal 3 liter perhari untuk menjaga sistem imunitas kita agar lebih baik. Selain itu air juga dapat membantu untuk membersihkan sistem pencernaan Anda dan mengeluarkan semua racun dari tubuh.

6.     Teh Hijau
Teh hijau mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh, salah satunya untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.  

7.     Sayuran & Buah
Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran akan memungkinkan untuk peningkatan kekebalan tubuh Anda secara alami . Wortel , kacang hijau , jeruk, stroberi , dan lain sebagainya adalah beberapa makanan sehat yang mengandung fitonutrien meningkatkan kekebalan tubuh seperti vitamin C dan karotenoid .

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.