Breaking News
recent

Tujuh Cara Mudah Untuk Mencegah Kanker Kolorektal

 
Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di Negara berkembang. Kanker ini disebabkan oleh kelainan silus sel sehingga memicu tumbuhnya hormon yang berlebihan. Salah satunya kanker colon atau kanker usus besar yaitu kanker yang tumbuh di dalam usus besar (colon) dan rectum. Kanker usus besar adalah salah satu yang terbesar kanker sering didiagnosis ketiga untuk mempengaruhi baik pria maupun wanita.



Penyakit harus dideteksi sedini mungkin agar terhindar dari segala macam resiko. Pada umunya seseorang yang terserang kanker usus besar ini akan merasakan nyeri atau kram pada bagian perut secara terus menerus, pendarahan pada saat buang air besar, berat badan menurun drastis, dan beberapa tanda lainnya. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan dan menghindari gaya hidup yang kuran sehat untuk meminimalisir dari penyakit ini. Berikut ini adalah cara mudah dan efektif untuk mencegah resiko kanker kolektoral atau usus besar ini.

1.   Olahraga secara rutin
Olaharaga merupakan suatu keharusan untuk menghindari segala macam penyakit  terutama kanker usus besar ini. Seseorang yang rajin berolahraga akan dapat memperlancar metabolisme tubuh, sekaligus memperlancar sirkulasi darah. Sehingga semua organ dapat berfungsi dengan optimal.

2.   Daging Merah
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi daging merah secara berlebihan dapat memicu terhadap resiko penyakit ini. Oleh karena itu, agar terhindar dari kanker kolektoral ini seyogyanya bijak dalam mengonsumsi daging merah seperti daging babi, sapi, atau jenis daging merah lainya.

3.   Merokok
Merokok merupakan pemicu utama terhadap segala macam kanker. Karena zat dan racun yang terkandung dalam rokok akan masuk kedalam tubuh. Sehing

4.   Sayuran dan Buah-buahan
Konsumsi buah dan sayur secara rutin selain untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya beberapa masalah kesehatan. Kandungan vitamin, dan beberapa zat yang lain dipercaya dapat mencegah kanker ini

5.   Diet
Diet juga berpengaruh terhadap kanker usus besar ini. Timbunan lemak terutama bagian perut juga dapat memicu munculnya kanker ini. Bagi orang yang kelebihan berat badan diharapkan mampu untuk untuk diet agar semua organ dapat berfungsi dengan maksimal.


6.   Bawang Putih
Bawang putih memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Bawang putih mengandung senyawa yang dapat membantu memperlancar peredaran darah dan pembekuan darah serta memperlancar saluran pencernaan. Oleh sebab itu, konsumsi bawang merah secara rutin juga dapat meminimalisir berkembangnya sel-sel jahat.

7.   Teh Hijau
Teh hijau berfungsi  efektif dalam mencegah kanker usus besar . Seseorang yang mengonsumsi 2 cangkir teh hijau memiliki resiko lebih rendah untuk mencegah penyaki ini. Teh hijau mengandung antikosidan yang mampu meminimalisir perkembangan sel kanker. Oleh karena itu, konsumsi the hijau secara  rutin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

1 komentar:

  1. Merokok selain sangat menganggu karena polusi udara juga dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.