Breaking News
recent

Metabolisme Meningkat dengan Lima Makanan ini



Metabolisme merupakan suatu proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh semua makhluk hidup. Seluruh kesehatan anggota tubuh tentu dikaitkan dengan tingkat metabolismenya. Hal ini akan berpengaruh terhadap siklus perubahan yang ada dalam tubuh. Salah satunya adalah dapat berpengaruh pada berat badan. Tingkat metabolisme yang tinggi akan memudahkan makanan dicerna oleh tubuh.


Dengan demikian penumpukan lemak dan zat beracun lainnya dapat dikeluarkan dari dalam tubuh. Untuk meningkatkan metabolisme tubuh salah satunya dengan cara olahraga. Selain itu asupan nutrisi yang cukup juga dapat meningkatkan metabolisme meskipun tubuh tidak begitu aktif bergerak.

Proses ini merupakan pertukaran zat ataupun suatu organism dengan lingkungannya. Metabolisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu “metabole” yang berarti perubahan, dapat kita katakana bahwa makhluk hidup mendapat, mengolah dan mengubah suatu zat melalui proses kimiawi untuk mempertahankan hidupnya.

Meskipun olahraga adalah cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme, asupan makan yang tepat juga dapat berperan dalam metabolisme dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem metabolisbe tubuh.

1.     Buah-buahan
Buah-buahan yang mengandung vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk tubuh. Seperti stroberi, jeruk, buah pir, semangka jambu biji dan anggur. Beberapa buah ini selain untuk meningkatkan metabolisme tubuh anda juga dapat digunakan untuk menu diet sehat anda.

2.     Teh Hijau
Teh hijau juga termasuk suplemen yang dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh anda. Mengkonsumsi 2-3 cangkir sehari teh hijau ini dapat meminimalisir penumpukan lemak dan zat beracun dalam tubuh.

3.     Bayam
Bayam ini termasuk sayuran yang kaya akan vitamin B dan serat di dalamnya. Oleh karena itu, bayam sangat baik untuk proses pencernaan dan juga membantu pertumbuhan otot dan tulang.

4.     Lemon
Lemon termasuk suplemen yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, lemon juga dapat membantu membersihkan saluran pencernaa. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga menjadikan lemon bersifat antioksidan.


5.     Jahe
Jahe memiliki kemampuan dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan demikian, jahe juga dapat anda jadikan sebagai suplemen dalam diet harian Anda.  Kandungan senyawa seperti gingenol, minyak atsiri dan beberapa lainya dinilai ampuh untuk meminimalisir penumpukan lemak dan zat beracun lain dari dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.