Breaking News
recent

Enam Bahaya Rokok Yang Mengancam Janin


Sudah banyak penelitian yang menyatakan tentang bahaya rokok bagi kesehatan. Berbagai  upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengurangi tingkat konsumsi rokok. Mungkin kita sering melihat dan membaca tentang bahaya rokok seperti jantung, paru-paru, kanker hingga gangguan pada janin (bagi ibu hamil). Karena dalam satu batang rokok itu mengandung sekitar 4000 racun yang berbahaya.

Kehamilan merupakan suatu proses yang penting bagi seseorang untuk mendapatkan keturunan yang sempurna. Oleh karena itu, para orang tua harus memberikan yang terbaik agar janinnya bisa berkembang dengan baik.  Para ahli kesehatan bersepakat bahwa merokok selama kehamilan ini dapat merusak dan mengganggu perkembangan janin. Berikut ini adalah beberapa resiko yang ditimbulkan akibat merokok pada saat kehamilan. 

1.     Kematian
Terdapat resiko yang dikenal dengan sindrom kematian bayi mendadak. Merokok selama kehamilan dapat meningkatkan resiko sindrom ini.

2.     Keguguran
Bahaya yang kedua adalah keguguran. Jadi merokok pada saat kehamilan ini dapat meningkatkan resiko keguguran lebih tinggi.

3.     Bayi premature
Resiko selanjutnya adalah bayi dengan berat badan rendah atau sering disebut dengan bayi premature. Efek negative rokok ini juga dapat menimbulkan masalah pada kontraksi. Sehingga banyak ditemukan tentang kasus bayi prematur.

4.     Bayi cacat
Merokok secara berlebihan pada saat hamil juga akan meningkatkan resiko bayi terlahir cacat. Semua orang tentu tidak menghendaki anak yang terlahir cacat. Meskipun cacat ini dapat dipengaruhi beberapa factor. Tapi merokok pada saat hamil itu meningkatkan risiko terhadap kelainan ini.

5.     Penyakit jantung
Paparan dari asap rokok bagi ibu hamil ini juga berisiko kelainan atau penyakit jantung pada bayi. Jadi racun yang terdapat pada rook tentunya juga akan masuk kedalam tubuh sehingga akan mempengaruhi fungsi jantung pada janin

6.     Paru-paru
Risiko yang selanjutnya adalah kelainan pada paru-paru. Jadi merokok pada saat hamil akan meningkatakan risiko terhadap penyakit ini berkali lipat. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dan selalu menjaga agar buah hati kita tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.