Breaking News
recent

10 Racun Mematikan di Dunia


Belakang terakhir ini public sedang ramai membicarakan tentang salah satu zat yang mematikan yaitu Sianida. Zat ini mulai banyak diketahui publik semenjak kasus kematian pengunjung salah satu kafe di Jakarta yang disebabkan oleh minuman yang diduga dicampur dengan zat sianida ini. Sianida merupakan  senyawa kimia yang mengandung kelompok siano C ≡ N, dengan atom karbon terikat, tiga ke atom nitrogen. 

Kelompok CN atau sianida ini dapat ditemukan dalam banyak senyawa. Diantaranya dapat terkandung dalam gas, padat atau cair. Dan hal yang perlu kita ketahui zat ini juga banyak terkandung dalam beberapa bahan makanan yang cukup akrab dengan kita. Seperti jengkol, apel, rebung dan makanan lainya. 

Tidak hanya sianida, ternyata banyak juga jenis racun lain yang tak kalah mematikan. Berikut ini adalah 10 racun yang paling mematikan di dunia.

1.     Sianida
Sianida menjadi senyawa yang memiliki kandungan racun yang mematikan. Jika zat ini tertelan sedikit saja dalam hitungan menit atau detik korban akan merasakan efeknya bahkan bisa langsung meregang nyawa. Zat ini digunakan pada Perang Dunia II hingga kini untuk meng-ekseksi.

2.     Arsenik
Zat ini termasuk racun yang paling popular di dunia misteri dunia pembunuhan. Zat ini termasuk dalam jajaran racun yang paling mematikan setelah sianida. Seperti kasus kematian aktifis HAM (Munir) ini salah satu contoh kematian yang diduga keracunan Zat Arsenik.

3.     Zyklon B
Senyawa ini termasuk yang berbentuk gas. Racun ini digunakan oleh Jerman pada saat Perang Dunia II. Dan juga digunakan untuk pembunuhan massal

4.     Strychnine
Merupakan racun yang terkandung dalam tanaman yang indah dan cantik. Tumbuhan ini jika tertelan atau masuk kedalam tubuh bisa menyerang dan melumpuhkan saraf pusat dan berefek kejang-kejang.

5.     Sulful Mustard
Racun ini termasuk senjata kimia yang dapat menyebabkan kulit melepuh dan bengkak. Apabila terhirup oleh tubuh bisa juga berakibat pada kerusakan paru-paru.

6.     Snake/Racun Ular
Kita mungkin tidak begitu asing denganracun yang terkandung dalam bisa ular. Racun setiap ular berbeda-beda, ada yang tergolong biasa, sedang bahkan ada juga yang berbahaya. Bahkan jika terkena gigitanya bisa mengakibatkan kematian.

7.     Ikan Puffer
Racun yang terkandung dalam ikan ini sering disebut tetrodotoxin. Kandungan racun ikan ini tidak akan hilang meskipun ikan sudah dimasak. Dan racun ini tergolong racun yang mematikan.

8.     Laba-laba fiddleback
Jenis laba-laba ini terbilang kecil, berukuran sekitar 1,27 cm. Dengan bentuk tubuhnya yang berukuran kecil tapi laba-laba ini memiliki racun yang mematikan. Dalam waktu 8 jam racun yang masuk lewat gigitanya akan mulai bereaksi. Bisa berefek kejang, muntah, kesakitan bahkan bisa mengakibatkan kematian sel.

9.     Castor bean
Sekilas tumbuhan ini terlihat sama dengan tumbuhan lain dan tidak ada perbedaan. Akan tetapi biji dari tumbuhan memiliki kandungan racun yang berbahaya. 

10.Oleander
Tumbuhan ini merupakan jenis tumbuhan paling beracun di dunia. Pada umumnya tumbuhan ini digunakan untuk dekorasi atau hiasan ruangan. Akan tetapi jika sedikit saja daun ini tertelan, akan dapat berakibat fatal yang berujung pada kematian. Efek gejala keracunan ini bisa diare, muntah-muntah, dan rasa nyeri parah pada bagian perut

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.