Breaking News
recent

Kenali Manfaat Lain dari Serai Bagi Kesehatan



Serai adalah tanaman serbaguna yang sangat bermanfaatuntuk berbagai keperluan. Salah satunya digunakan sebagai bumbu dapur untuk memperkuat citarasa dan aroma dari masakan. Jenis tanaman ini termasuk dalam kategori rerumputan dan banyak dijumpai di ladang atau sawah. Tanaman ini anaman sereh memiliki akar yang besar. Akar dari tanaman ini merupakan jenis akar serabut yang berimpang pendek.

Serai memiliki batang yang bergerombol dan berumbi, lunak serta berongga. Daun yang keset serta panjang meruncing. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah bagian batang yang mendekati akarnya. Selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur, serai dahulu sering digunakan sebagai obat tradisional untuk masuk angin, demam dan lain sebagainya.

Tanaman ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, asam folat, magnesium, seng, tembaga, besi, kalium, fosfor, kalsium dan mangan. Secara medis seri bersifat analgesic, anti peradangan, anti kanker, anti jamu dan anti bakteri. Cara penggunaanya dapat direbus kemudian airnya diminum atau bisa juga ditambahkan sebagai bumbu dalam masakan.Dan juga baik untuk dijadikan tambahan resep diet anda. Berikut ini beberapa manfaat lain dari serai bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

1.     Meningkatkan mood
Kandungan serotonin dalam serai mampu merangsang otak dalam meningkatkan mood. Menurut penelitian serai juga dapat membantu menenangkan dan mengurangi kecemasan seseorang.

2.     Mengurangi hidung tersumbat
Serai ini bersifat menghangatkan tubuh, jika anda sedang flu cobalah dengan merebus air dengan serai dan minum hangat-hangat. Kandungan vitamin C juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda.

3.     Membantu mengatur kadar kolesterol dan tekanan darah
Senyawa-senyawa yang hadir dalam serai dapat  menghambat penumpukan lemak dalam tubuh. Dengan menurunkan kolesterol, juga mencegah perkembangan penyakit dalam arteri yang menyebabkan penyumbatan aliran darah yang dapat memicu serangan jantung.

4.     Meningkatkan konsentrasi
Manfaat selanjutnya dari serai yaitu dapat membuat relaksasi tubuh, mengurangi insomnia, meningkatkan konsentrasi serta mengurangi retensi memori otak. Selain itu serai juga dapat memiliki manfaat menstabilkan sistem saraf.

5.     Meredakan radang
Serai juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada otot. Sifat anti radang pada serai ini dapat mengurangi berbagai macam keluhan peradangan pada tubuh, serta mampu membersihkan kantong kemih.

6.     Mengobati gangguan pencernaan
Jenis rumput ini juga dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan dan sembelit. Serta membersihkan saluran dan sistem pencernaan dalam tubuh anda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.