Breaking News
recent

Air Putih & Jus Buah, Mana Yang Lebih Baik?



Sekitar 70% dari tubuh kita adalah cairan. Oleh sebab itu tubuh harus mendapat asupan cairan yang cukup agar semua organ dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Selain organ tubuh tidak berfungsi dengan optimal, kekurangan cairan ini juga dapat memicu penyakit dan masalah kesehatan lain.

Air putih dinilai menjadi cairan terbaik untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Berbagai penelitian dan pernyataan telah dipromosikan untuk mendukung pembiasaan minum air putih ini. Beberapa manfaat yang didapatkan dari kebiasaan minum air putih ini juga sangat beragam diantaranya melancarkan peredaran darah, membersihkan saluran pencernaan, hingga dapat meminimalisir dari resiko penyakit kanker dan jantung.
Jus juga menjadi menu wajib untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Jus buah memiliki manfaat yang sangat banyak dan ini menjadi solusi bagi mereka yang sedang melakukan program diet. Seseorang yang sedang melakukan program diet akan sangat terbantu dengan jus buah ini. Pasalnya, didalam jus buah terdapat beberapa nutrisi yang mampu mengganti kebutuhan nutrisi yang hilang. Akan tetapi, jika dibandingkan antara air putih dan jus mana yang lebih baik, tentu kita akan bingung menempatkan pilihan. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang manfaat air putih dan jus bagi tubuh.

1.   Kalori
Air tidak memiliki kandungan kalori yang cukup untuk mencukupi kebutuhan kalori tubuh. Sedangkan jus buah memiliki banyak kandungan kalori yang cukup. Jus yang baik dikonsumsi adalah tidak ditambahi dengan gula.
2.   Gula
Air tidak mengandung kadar gula sehingga lebih aman untuk dikonsumsi jangka panjang dan jumlah yang banyak. Sedangkan jus mengandung kadar gula yang dibersumber dari buah-buah alami. Sehingga dapat memicu lonjakan kadar gula dalam darah.

3.   Serat
Jus buah kaya akan serat sehingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh kita. Sedangkan air tidak demikian.

4.   Racun atau Toksin
Sebagian buah memiliki kandungan racun bermacam meskipun sangat kecil presentasenya jika dibandingkan dengan manfaatnya. Akan tetapi, hal kecil tersebut juga bisa menumpuk hingga dapat membahayakan. Dan air putih bersifat membilas dan membersihkan racun yang ada untuk dikeluarkan dari dalam tubuh.

5.   Keterjangkauan
Air lebih mudah dijangkau oleh siapapun. Sedangkan jus harus membutuhkan beberapa bahan seperti buah yang notabene tidak semua orang memiliki kesempatan untuk menyediakan kebutuhan tersebut. Dan untuk membuat jus juga harus membutuhkan persiapan yang berbeda jika kita ingin minum air putih.

Dari beberapa penjelasan diatas keduanya (air putih dan jus) memiliki peran dan fungsi sama, bahkan keduanya bisa saling melengkapi untuk memberikan yang terbaik untuk tubuh kita. Oleh sebab itu kita harus memberinya porsi yang seimbang untuk tubuh lebih sehat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.