Breaking News
recent

Tujuh Makanan Pembersih Liver



Hati merupakan salah satu organ vital bagi tubuh kita. Organ ini berfungsi diantaranya untuk melawan dan menetralisir racun yang masuk dalam tubuh. Oleh sebab itu, kita harus menjaganya agar tetap sehat sehingga fungsi dan perannya optimal. Hati ini termasuk bagian dari sistem pencernaan tubuh kita, tapi tidak hanya sekedar asupan nutrisi saja. Melainkan hati ini memproduksi kolestrol baik yang berfungsi memecah lemak dan lipid agar makanan mudah dicerna oleh tubuh.

Hati juga menghasilkan asam amino yang sangat penting dalam produksi protein tubuh. Selain berfungsi sebagai pengahasil beberapa enzim, hati juga berfungsi sebagai filter atau penyaring. Racun dan kandungan zat yang berbahaya akan diambil oleh hati untuk di netralisir sehingga zat berbahaya ini bisa dikeluarkan oleh tubuh. Hal ini yang disebut dengan fungsi detoksifikasi dar hati.

Karena hati memiliki peran yang begitu vital, maka hati juga rentan terhadap penyakit. Oleh sebab itu, kita harus memebrikan yang terbaik agar hati kita tetap bersih dan sehat. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menjaga dan membersihkan hati kita tetap sehat.

1.     Kurangi Fast food
Berbagai macam jenis fast food atau makan siap saji telah banyak ditambahkan bahan pengawet dan pewarna. Hal ini juga berpengaruh terhadap kesehatan hati kita. Termasuk minuman beralkohol menjadi salah satu pemicu racun dalam tubuh. Sehingga langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan hati adalah kurangi makanan berpengawet dan tambahan pewarna buatan serta minuman beralkohol.

2.     Perbanyak Makan Sayuran
Makan saur lebih banyak dapat membersihkan sistem pencernaan, terutama sayuran mentah. Hal ini dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Jika anda tidak memungkinkan makan sayuran mentah bisa dibantu dengan jus. Jus yang baik untuk kesehatan hati adalah kubis, kembang kol, bit, wortel dan beberapa sayuran lain.

3.     Makanan Berkalium Tinggi
Para ahli merekomendasikan bahwa tubuh harus tercukupi sekitar 4700 mg potassium dan makanan berkelium tinggi ini dapat membantu membersihkan hati anda, minimal mengendalikan kolesterol dan optimalkan peran jantung. Bahan makan yang banyak mengandung kandungan kalium ini adalah ubi jalar, selain itu juga kaya akan serat, beta karoten, vitamin, magnesium dan zat besi.

4.     Makan Tomat
Tomat organik dapat di makan sebagai salad. Kandungan yang terdapat dalam tomat dapat membantu dalam detoksifikasi hati. Sehingga tomat sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Akan tetapi tidak termasuk makanan olahan dari tomat seperti saus tomat, karena zat pengawetnya justru dapat berbahaya bagi tubuh.

5.     Makan daun berwarna hijau
Segala jenis sayuran yang berwarna hijau sangat baik untuk kesehatan hati.  Karena daun yang berwarna hijau ini kaya akan antioksidan serta kalium. Seperti bayam, bayam ini mengandung 840 mg kalium dalam satu porsi makan.

6.     Kacang-kacangan
Hamper semua kacang-kacangan mengandung kalium, protein dan serta yang cukup tinggi. Sehingga makanan ini baik untuk dikonsumsi setiap hari, selain dapat menjaga kesehatan hati juga dapat melancarkan sistem pencernaan kita.

7.     Pisang
Pisang menjadi buah yang kaya akan kalium. Bahkan pisang dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, logam berat dan limbah secara efisien. Pisang ini bisa dikonsumsi secara langsung, atau dibuat jus. Hal ini yang menjadikan pisang sebagai buah dengan sejuta manfaat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.