Breaking News
recent

Manfaat Bersin dalam Perpektif Islam

Setiap orang pasti pernah mengalami bersin. Bersin adalah proses keluarnya udara dengan keras dan cepat karena di sebabkan udara dingin, butiran debu, alergi atau terdeteksinya bakteri atau virus di sekitar hidung. Bersin merupakan faktor alamiah tubuh untuk merespon kontak langsung antara unsur atau partikel asing dengan tubuh. Mekanisme terjadnya bersin di mulai dari terangsangnya bagian-bagian yang peka dalam sistem pernafasan. Rangsangan tersebut di tangkap oleh kemoreseptor aferen dan sensor taktil melalui nervous pagus menuju sistem pusat pernafasan (medula oblongata).

Dalam Islam, bersin adalah sebuah kenikmatan yang sebab padanya terdapat manfaat yang besar bagi tubuh. Dalam Hadis Rasulullah bersabda, "Sungguh Allah mencintai orang yang bersin dan membenci orang yang menguap, maka jika kalian bersin maka pujilah Allah, maka setiap orang yang mendengar pujian itu untuk menjawabnya; adapun menguap, maka itu dari syaitan, maka lawanlah itu sekuat tenagamu. Dan apabila seseorang menguap dan terdengar bunyi: Aaaa, maka syaitan pun tertawa karenanya".


Dari hadis tersebut kita dapat melihat bahwa betapa besar kenikmatan yang diberikan oleh Alloh melalui bersin. Oleh karena itu, pada saat bersin kita dianjurkan untuk memuji Alloh, begitu juga bagi orang yang mendengar pujian itu hendak menjawabnya. Seperti dalam hadis Rosululloh SAW “Apabila salah seorang diantara kalian bersin, maka ucapkanlah Al-Hamdulillah, dan hendaklah orang yang mendengarnya menjawab dengan Yarhamukallahu, dan bila dijawab demikian, maka balaslah dengan ucapan Yahdikumullahu wa Yushlihu baalakum” (HR. Bukhari, 6224)

Berikut ini adalah beberapa manfaat bersin untuk kesehatan.
1.      Membersihkan rongga hidung dan mulut dari kuman penyebab penyakit yang berbahaya bagi tubuh manusia
2.      Bersin dapat mengeluarkan ribuan bahkan puluhan ribu virus dan bakteri yang bersarang di dalam tubuh.
3.      Menjaga tubuh agar virus dan bakteri tersebut tidak masuk ke dalam sistem pernafasan
4.      Menjaga kekebalan tubuh
5.  Melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi dari bakteri yang keluar dari membrane hidung


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.