Breaking News
recent

Delapan Negara Terbaik untuk Tempat Tinggal Bagi Anda Setelah Pensiun



Semakin bertambahnya umur seseorang sering dikatakan semakin tua dan semua orang pasti mengalaminya. Fungsi dan peran organ tubuh menurun juga seiring dengan bertambahnya umur. Sehingga dapat menikmati hari tua dengan kebahagiaan, ketenangan, kenyamanan adalah harapan semua orang. Semua itu selain ditentukan oleh dirinya masing-masing ternyata ditentukan juga dengan faktor eksternal seperti kondisi lingkungan, kehidupan sosial, dan perhatian pemerintah. 

Menurut data terakhir ada sekitar 901 juta orang yang memiliki umur 60 tahun keatas. Dan Pada tahun 2050, jumlah itu akan mencapai 2,1 miliar orang, atau 21,5 persen dari populasi global. Usia 60 tahun sebagian orang mengatakan sebagai usia pension. Dengan melihat data tersebut tidak dipungkiri jumlah itu akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah warga yang mendekati masa pensiun tersebut.


Tapi pengalaman orang di kemudian hari sangat bervariasi tergantung pada di mana mereka tinggal.    Indeks AgeWatch global baru-baru ini menilai 96 negara untuk menentukan tempat terbaik untuk tinggal orang yang berusia 60 tahun keatas atau usia pensiun . Negara-negara ini meliputi lebih dari 90 persen dari populasi dunia yang berusia 60 dan lebih.

Penilaian tersebut didasarkan pada empat kategori: Pertama, status kesehatan. Kedua, jaminan pendapatan. Ketiga, kemampuan (diukur dengan status pekerjaan dan tingkat pendidikan). Dan Keempat,  lingkungan yang mendukung (diukur dengan akses ke transportasi umum, keselamatan fisik, hubungan sosial dan kebebasan sipil). 



1.       Swiss
Swiss peringkat pertama sebagai negara terbaik menjadi tempat  tinggal bagi anda yang berusia 60 tahu atau lebih.  Di Negara ini memiliki kebijakan dan program untuk mensosialisasikan kesehatan dan lingkungan , sehingga Negara ini mendapat rank teratas. Swiss juga mempunyai tingkat rata-rata tertinggi untuk hubungan sosial dan

2.       Norwegia
Norwegia memiliki peringkat tinggi pada kategori kemampuan, dari 71 persen angkatan kerja  dengan usia masa pensiun dan hampir 15 persen lebih tinggi dari rata-rata regional. Norwegia juga memiliki tingkat tertinggi pencapaian pendidikan antara orang-orang yang lebih tua.

3.       Swedia
Swedia menawarkan pekerjaan yang tinggi dan tingkat pencapaian pendidikan jika dibandingkan dengan rata-rata regional seseorang dengan usia 60. Orang dewasa di sini juga melaporkan kepuasan yang tinggi dengan keselamatan, kebebasan sipil dan transportasi umum.

4.       Jerman
Jerman juga peringkat tinggi dalam kategori kemampuan, dengan tingkat pencapaian pendidikan tertinggi kedua di antara orang dewasa yang lebih tua. Negara ini memiliki peringkat tinggi dalam keterhubungan sosial dan kebebasan sipil,  sehingga memiliki harapan hidup sehat yang mendekati rata-rata regional

5.       Kanada
Kanada mendapat rank kelima, yang mendapat nilai tertinggi pada kategori kesehatan dengan hidup rata-rata di atas dan harapan hidup sehat. Negara ini juga peringkat tinggi dalam jaminan pendapatan, dengan cakupan pendapatan pensiun 97,7 persen, dan tingkat kemiskinan 6,8 persen, yang merupakan bawah rata-rata regional.

6.       Belanda
Peringkat keenam, Belanda memiliki tingkat kemiskinan di usia pensiun kurang dari 3 persen dari  100 persen orang di atas usia 65 yang menerima pensiun. Selain hal tersebut, orang dengan masa pensiun melaporkan kepuasan tertinggi adalah hubungan sosial dan kebebasan sipil.

7.       Islandia
Islandia membanggakan angka kemiskinan pada usia tua terendah di wilayah tersebut sekitar  1,6 persen. Negara ini juga peringkat tinggi dalam kategori kesehatan, dengan harapan hidup 25 tahun tambahan pada usia 60 tahun. Islandia mendapat peringkat tinggi dalam kepuasan dengan hubungan sosial, keamanan, transportasi umum dan kebebasan sipil.

8.       Jepang
Jepang memiliki jumlah penduduk dengan masa pensiun atau usia 60 tahun keatas tertinggi di dunia, dengan sepertiga dari penduduknya di atas usia 60. Negara ini menempati urutan pertama dalam kategori kesehatan dengan harapan hidup 26 tahun tambahan pada usia 60. Jepang melaporkan kepuasan tertinggi pada hubungan sosial, keamanan dan kebebasan sipil.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.