Breaking News
recent

Sangketan, Rumput Liar Yang Kaya Manfaat



Sangketan merupakan salah satu jenis rumput liar yang dapat tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia. Bahkan, tumbuhan ini termasuk tumbuhan gulma atau tumbuhan yang mengganggu di area pertanian. Tumbuhan sangketan memiliki nama ilmiah Heliotropium indicum L yang dibeberapa daerah disebut dengan tumbuhan banotan lombok, buntut tikus, ekor anjing, tusuk konde dan beberapa nama lainnya.



Tumbuhan ini berkhasiat bagi kesehatan karena memiliki beberapa unsur kimi yang terkandung didalamnya. Antara lain indicine, asetil indicine, dan bersifat pahit, netral dan toksik. Beberapa khasiatnya adalah untuk pengobatan anti radang, pembunuh parasit, dan penghilang gatal. Sangketan juga berfungsi untuk mengatasi infeksi paru, abses paru, radang tenggorokan, sariawan dan beberapa permasalahan kesehatan lainnya.

Adapun bagian yang dapat digunakan sebagai obat adalah seluruh bagian dari tumbuhan ini mulai dari akar, batang hingga daun. Berikut ini adalah lima tips sehat yang memanfaatkan dari bagian rumput liar “sangketan”.

1.       Sariawan
Ambil daun sangketan segar secukupnya, lalu cuci bersih. Lumatkan daunnya dan peras. Air hasil perasan tersebut gunakan sebagai kumur 4 kali sehari.

2.       Infeksi Paru-paru, Abses paru-paru
Cuci bersih 60 g tanaman segar. Lalu rebus dengan air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas.  Saring hasil rebusan setelah dingin tambahkan 1 sendok madu.  Minum ramuan ini sekaligus dengan dosis 1 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

3.       Bisul
Untuk pengobatan dari dalam bisa menggunakan resep nomor 2. Akan tetapi jika ingin menghendaki obat luar anda bisa dengan mencuci  bersih daun segar secukupnya dan lumatkan kemudian setelah itu campurkan dengan nasi dingin. Tempelkan ramuan tersebut diatas bisul

4.       Disentri
Cuci bersih 60 gr daun sangketab segar. Rebus bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga menyusut 50%. Kemudian angkat dan saring hasil rebusan tersebut setelah dingin minum sekaligus dengan takaran 1 gelas.

5.       Radang Buah Dzakar
Cuci bersih 60 g tanaman segar. Lalu rebus dengan air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas.  Saring hasil rebusan setelah dingin tambahkan 1 sendok madu.  Minum ramuan ini sekaligus dengan dosis 1 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

2 komentar:

  1. Serius saya tidak tahu manfaatnya sangketan. Ternyata banyak bangat rupanya.

    BalasHapus
  2. Makasi infonya salam sehat

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.