Breaking News
recent

Belimbing Wuluh, Si Mungil Yang Kaya Manfaat



Belimbing wuluh merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mudah ditemukan diwilayah daratan tropis. Salah satunya di Indonesia, akan tetapi beberapa tahun terkahir sudah tidak begitu banyak yang dapat kita jumpai. Penyebabnya bisa bermacam-macam termasuk pembukaan lahan pemukiman dan bisa juga dianggap tumbuhan yang tidak berfungsi sehingga banyak tebang.


Tanaman yang memiliki nama ilmiah Averrhoa bililmbi L ini pada dasarnya memiliki manfaat yang cukup tinggi terutama bagi kesehatan. Selama ini belimbing wuluh mungkin lebih dikenal untuk pelengkap masakan sayur asam dan sejenisnya, padahal didalamnya mengandung beberapa senyawa kimia yang dapat memberikan efek farmakologis seperti menghilangkan rasa sakit, anti radang, memperbanyak pengeluaran empedu dan peluruh kencing.

Bahkan seluruh bagian dari belumbing wuluh ini mulai dari batang, daun bunga hingga buahnya dapat digunakan sebagai media pengobatan. Bahan kimia yang terkandung didalamnya diantaranya saponin, tanin, asam format, glukosida, kalsium, sulfur dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa resep penyembuhan dari belimbing wuluh.

1.     Hipertensi
Caranya dengan mencuci bersih 3 buah belimbing wuluh, lalau potong-potong menjadi beberapa bagian. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1/3 nya, setelah dingin saring hasil rebusan tadi dan minum sekaligus setelah sarapan. Untuk pencegahan dapat dilakukan 3 kali sehari dengan dosis yang sama.

2.     Jerawat
Dalam bidang kecantikan belimbing wuluh berguna untuk meminimalisir tumbuhnya jerawat. Caranya cuci 6-8 buah belimbing wuluh.  Tumbuk hingga halus campurkan ½ sendoh teh garam dan ¼ gelas air kedalam hasil tumbukan. Campurkan hingga merata kemudian balurkan pada bagian yang berjerawat.
 
3.     Rematik
Cuci bersih 1 ons daun muda belimbing wuluh, campurkan dengan 10 butir biji cengkih dan 15 butir merica. Giling hingga halus, tambahkan cuka secukupnya dan campur hingga merata seperti adonan kemudian balurkan pada bagian yang rematik.

4.     Pegal linu
Termasuk dapat digunakan untuk pengobatan pegal linu dengan cara mencuci bersih 1 genggam atau 25 helai daun, 10 butir cengkih dan 15 lada. Tumbuk hingga halus dan tambah cuka secukupnya dan balurkan pada bagian yang sakit.

5.     Batuk pada anak
Ambil satu genggam bunga belimbing wuluh, 5 buah adas, cuci lalu campurkan menjadi satu bagian. Tambahkan 1 sendok makan gula pasir dan 1 cangkir air matang lalu di tim. Setelah dingin saring dan minumkan sehari 2 kali pada saat perut kosong.

6.     Sakit pada gigi  berlubang
Untuk mengobati sakit gigi yang berlubang caranya dengan mengambil 5 buah dan cuci hingga bersih lalu makan denga sedikit garam. Pada saat ngunyah tepatkan pada bagian gigi yang berlubang. Lakukan secara teratur hingga sakit gigi mereda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.