Breaking News
recent

Mengenal Manfaat Bunga Hias Bagi Kesehatan


Rumah bagi kita tidak sekedar menjadi tempat istirahat saja, akan tetapi rumah juga berfungsi sebagai tempat penghilang penat dalam aktifitas pekerjaan, mengurangi stress, bercengkrama dengan keluarga serta tempat dimana kita bisa merasakan ketentraman dalam hati. Oleh sebab itu rumah kita percantik sesuai dengan keinginan kita, mulai dari interior, warna, ornamen, taman, dan lain sebagainya. 


Taman memiliki unsur yang penting untuk kecantikan sebuah rumah, pasalnya taman akan membuat kesan natural alami sehingga pandangan mata tidak fokus pada titik-titik bangunan. Untuk kecantikan taman pada umumnya seseorang menanam bunga-bunga hias, rerumputan dan tanaman penyejuk lainnya. Bunga hias yang berwarna warni akan dapat menciptakan kesan menarik dan fresh bagi pandangan mata. 

1.     Bunga Matahari
Bunga Matahari memiliki nama ilmiah Helianthus annus L. Mungkin sebagaian orang mengira bahwa bunga matahari sebagai penghasil kwaci, padahal bunga hias ini juga kaya manfaat bagi kesehatan.  Bunga ini bersifat rasa lembut dan netral. Selain itu, juga mengandung unsur kimia seperti quercimeritrin, asam oleanolat, heliantoside A, B dan C serta asam echinocystat. Bagian biji bunga matahari atau yang sering kita sebut kwaci mengandung prostaglanding E, asam klorogenik, asam quinat dan lain sebagainya. 

Dari beberapa unsur kimia yang terkandung diatas, bunga matahari memiliki efek farmakologis diantaranya menurunkan tekanan darah mengurangi rasa nyeri, anti disentri, merangsang pengeluaran cairan tubuh, seperti hormon dan enzim, merangsang pengeluaran campak, anti radang, anti malaria, peluruh air seni, pereda batulk, merangsang energi vital, menenangkan liver serta menghilangkan rasa nyeri pada waktu buang air kemih.

2.     Bunga Mawar
Bunga mawar memiliki nama ilmiah Rosa chinensi Jacq. Daun dan bunga mawar dalam kondisi kering dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa permasalahan kesehatan. Tumbuhan mawar ini memiliki rasa manis dan bersifat hangat. Unsur kimia yang terkandung didalamnya adalah sitral, sitrinelol, geraniol, linalol, nerol, eugenol, feniletil alkohol, dan famesol. Dengan beberapa kandungan tersebut tumbuhan mawar mengandung efek dalam kesehatan seperti melancarkan sirkulasi darah, menormalkan siklus haid, anti radang, menghilangkan bengkak, dan menetralisir racun.

Tips
Mengatasi keputihan rebus 9-15 g akar bunga mawar kering dengan 1 gelas air hingga tersisa ½ nya. Dinginkan lalu saring. Kemudian minum hasil rebusan tersebut dengan dosis ½ gelas perhari. Sedangkan untuk campak bisa denganmerebus 15 kuntum bunga dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 ½ gelas. Dinginkan, lalu saring hingga menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum hasil takaran tersebut pada pagi dan sore.

3.     Bugenfil
Bugenfil memiliki nama ilmiah Bougainvillea glabra Choisy. Bunga ini sering juga disebut dengan kembang kertas, karena tekstur bunganya yang tipis menyerupai kertas. Bunga ini mudah kita temukan disekitar kita, karena jenis tanaman hias ini mudah tumbuh subur di area tropis seperti di Indonesia. Kembang kertas ini memiliki batang yang keras dan daun yang kecil. 

Bugenfil memiliki rasa pahit, kelat dan hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung didalamnya atara lain betanidin, isobetanidin dan beberapa kandungan kimia lainnya. Dengan kandungan tersebut bugenfil memiliki efek farmakologis dapat melancarkan peredaran darah.

Tips.
Pengobatan hepatitis cuci 15 gr batang bugnefil rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring lalu minum selagi hangat sebanyak 1 gelas per hari. Untuk keputihan dengan merebus 9-15 gr bunga bugenfil dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring air rebusan tersebut lalu minum selahi hangat dengan dosis 1 gelas per hari.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.