Breaking News
recent

Mengenal Manfaat Tanaman Makam "Puring"

Puring merupakan salah satu tanaman yang identik dengan hal-hal mistis. Pasalnya tanaman ini sering kita jumpai di area-area pemakaman seperti halnya bunga kamboja, kenanga dan lain-lain. Puring menjadi sebutan orang-orang yang tinggal di daerah jawa, akan tetapi didaerah lain tumbuhan ini dikenal dengan beberapa nama seperti tarimas, silastom, salu-salu, dilaho dan lain sebagainya.

Tanaman khas makam ini pada umumnya berfungsi sebagai perindang atau penanda makam-makam yang sudah menahun. Selain memiliki fungsi tersebut, puring ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan. Karena didalam tumbuhan ini mengandung beberapa unsur kimia yang dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. 


Puring memiliki rasa pahit, bersifat dingin dan beracun. Akar dan kulit batangnya berasa pedas. Puring juga memiliki efek farmakologis diantaranya melancarkan peredaran darah, peluruh keringat dan pencahar ringan. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan tanaman khas makam ini.

1.     Cacingan, nafsu makan berkurang, sembelit, kejang lambung dan penyakit saluran kencing pada anak.
Ambil 11 gr ranting muda dan rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelh dingin, saring dan minum air rebusannya 2 kali sehari dengan takaran masing-masing ½ gelas.

2.     Sifilis
Cuci bersih 1 batang puring utuh, lalu rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa separuhnya. Dinginkan, saring dan bagi menjadi 3 bagian yang sama. Tambahkan gula secukupnya lalu minum ramuan ini 3 kali sehari.

3.     Sukar berkeringat dan eksim
Rebus 11 gr daun puring dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

4.     Sakit perut pada anak
Tumbuk halus daun puring berwarna kuning yang masih muda dan segar, secukupnya. Tambahkan sedikit air sampai menjadi bubur. Balurkan bubur puring ini ke bagian perut anak.

5.     Perut mulas
Tumbuk halus 1 jari akar puring dan 3 lembar daun sesuru. Lalu tambahkan air secukupnya. Saring airnya lalu minum sekaligus satu kali sehari. Obat ini dapat mengakibatkan efek samping seperti diare karena berfungsi sebagai pencahar. Tetapi sakit perutnya pun juga hilang.

1 komentar:

  1. maksudnya 11 gr itu apa, terus itu satu batang utuh maksudnya yg berapa panjang/berapa cm

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.