Breaking News
recent

Mengenal Kehebatan Kunir Putih Bagi Kesehatan



Sebagian orang mungkin sudah mengetahui tentang manfaat tanaman ini yaitu kunir putih. Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa kunir putih ini mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah curcuma alba L ini memang belum begitu populer di masyarakat. Akan tetapi karena kandungannya yang luar biasa, saat ini sudah banyak dicari bahkan tidak sedikit pula yang mengambil peluang budidaya tanaman ini.

Dalam bahasa melayu ini disebut temu putih dan diwilayah jawa lebih dikenal dengan kunir putih. Kunir putih ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan kunyit hanya beda di warna. Kalau kunyit berwarna kuning/orange sedangkan kunir putih mendekati ke warna putih. Beberapa bahan kimia yang terkandung didalam rimpang dan daunnya yaitu saponin dan polifenol, serta memiliki efek farmakologis seperti menghentikan pendarahan, anti peradangan, menambah nafsu makan dan lain sebagainya.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kunir putih ini juga dinilai dapat digunakan untuk perawatan kecantikan karena didalamnya terkandung senyawa seperti zat besi, vitamin B6 dan zat besi yang semua itu dibutuhkan untuk nutrisi kulit. Bagian yang dapat digunakan dan dimanfaatkan adalah rimpang dan daunnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat lain yang didapat dari kehebatan si kunir putih.

1.     Mengobati sakit maag dan nyeri lambung
Caranya dengan menyeduh 1 ½ sendok teh serbuk kunir putih dengan 1 cangkir air panas. Minum ramuan ini 3 kali sehari sebelum makan

2.     Menghambat pertumbuhan sel kanker
Kunir putih ini bersifat antineoplastik yaitu dapat merusak pembentukan ribosom pada sel kanker). Caranya dengan minum ½ sendok teh serbuk kunir putih 3 kali sehari dengan dicampurkan dengan air.

3.     Mengecilkan rahim
Caranya dengan mencuci bersih 100 gr rimpang kunir putih segar, kupas kulitnya, parut lalu peras. Saring hasil perasan tadi kemudian minum sekaki satu kali.

4.     Menambah nafsu makan
Cuci bersih 25 gr rimpang kunir ini, dikupas dan dihaluskan dengan blender ditambah 2 gelas air. Saring airnya lalu minum 2 kali sehari dan masing-masing 1 gelas.

5.     Melembapkan kulit
Salah satu manfaatnya untuk kecantikan adalah membantu menjaga tingkat kelembapan kulit anda. Caranya dengan menambahkan kunir putih dengan susu secukupnya kemudian dibuat luluran.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.