Breaking News
recent

Pandan, Pewarna & Penyedap Alami Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan



Jika anda pernah membeli kue, roti atau jenang mungkin anda tidak asing dengan aroma tumbuhan ini. Ya, daun pandan. Sebagian besar masayarakat tentu familiar dengan tumbuhan ini, dan bahkan sering menggunakannya untuk menambah aroma makanan atau kue. Pandan ini memiliki aroma yang sangat khas dan bersifat sejuk. Tumbuhan yang memiliki nama latin pandanus amaryllifolius roxb ini banyak ditemukan di daerah tropis, berdaun hijau kecil dan memanjang seperti daun nanas tetapi tidak berduri.



Selain dapat memperkuat aroma makanan, pandan ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Pasalnya, didalamnya mempunyai efek farmakologis seperti menguatkan saraf, menambah nafsu makan, penenang, lemah saraf, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya. Bagian yang dapat digunakan sebagai obat yaitu bagian daun.

Beberapa bahan kimia yang terkandung didalamnya yaitu alkaloida, saponin, flavonoid, tanin, polifenol, dan zat perwarna. Dari kandungan tersebut, daun pandan ini dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan diantaranya:

1.     Ketombe
Cuci bersih 7 lembar daun pandan wangi segar, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 100ml air dan aduk hingga merata kemudian disaring. Oleskan campuran ramuan tersebut pada permukaan kulit kepala dan diamkan sekitar 30 menit lalu bilas menggunakan air. Lakukan secara teratur.

2.     Menghitamkan Rambut
Cuci bersih 7 lembar daun pandan wangi segar dan 5 lembar daun mangkokan. Potong kecil-kecil semuanya lalu tambahkan air 1 liter dan rebus hingga airnya berwarna hijau.  Dinginkan dan embunkan air rebusan tersebut semalaman lalu gunakan untuk mencuci rambut. Lakukan 3 kali seminggu hingga kelihatan hasilnya.

3.     Lemah Saraf
Cuci bersih 5 lembar daun pandan dan potong kecil-kecil.  Rebus dengan 600 ml sampai tersisa 400 ml. Saring dan dinginkan, kemudian minum sehari 2 kali pada pagi dan sore hari masing-masing 200 ml.

4.     Tekanan Darah Tinggi
Ambil daun pandan secukupnya, lalu cuci bersih dan potong-potong. Kemudian rebus dengan 400ml air hingga menjadi 200 ml. Dingin dan saring, setelah dingin minum ramuan ini sekaligus dengan takaran 1 kali sehari.

5.     Rambut Rontok
Cuci bersih 2 kembar daun pandan, 5 lembar daun mangkokan, 10 lembar daun waru muda, 10 kuntum bunga melati, 1 bunga mawar, 60 gr dau orang-aring, 100 ml minyak wijen, 100 ml minyak kemiri, 100 ml minyak kelapa.  Campurkan semua bahan lalu rebus hingga mendidih, setelah dingin saring air rebusan lalu oleskan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat.

6.     Rematik dan Pegel Linu
Cuci bersih 5 daun pandan wangi segar dan batang sereh secukupnya. Lalu tumbuk halus dan tambahkan minyak kayu putih dan minyak gondopuro. Aduk hingga merata lalu oleskan dan gosokkan pada bagian tubuh yang sakit.

7.     Tidak Nafsu Makan
Cuci bersih 10 gr daun pandan wangi segar, lalu potong kecil-kecil. Seduh potongan daun tersebut dengan ½ gelas air panas. Setelah dingin, saring dan minum sehari 2 kali dengan takaran setengahnya pada pagi dan sore hari.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.