Breaking News
recent

Pengertian Konsep Publikasi ilmiah



Kegiatan tentang publikasi ilmiah di Indonesia masing tergolong rendah jika di bandingkan dengan Negara-negara berkembang lainya. Salah satu faktornya adalah minimnya publikasi karya-karya ilmiah di semua bidang. Dalam hal ini bidang pendidikan memiliki peran penting dalam menumbuh kembangkan potensi dlam kegiatan ini.
Pada dasarnya kegiatan ini memiliki peran vital dalam membantu perkembangan suatu bidang keilmuan tertentu dan mebantu mempublikasikan karya dari lembaga pendidikan, sehingga mutu dan kualitas suatu lembaga pendidikan dapat dilihat dan patut menjadi pertimbangan untuk mendapat akreditasi tertentu.
Selain hal tersebut, publikasi ilmiah juga dapat digunakan sebagai media komunikasi antar peneliti atau ilmuwan, baik secara nasional maupun internasional. Di sisi lain, kinerja suatu lembaga keilmuan, baik lembaga pendidikan tinggi, lembaga penelitian, maupun organisasi profesi dapat di ukur dengan kualitas publikasinya.
Penulisan karya ilmiah ini memang harus teliti dan sesuai dengan tata cara penulisan yang sudah ditetapkan oleh para pakar. Oleh karena itu, di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kegiatan penulisan seperti Artikel, Laporan, Sripsi sampai Thesis sudah jelas dapat di pastikan dibimbing oleh dosen atau pengampu yang berkompeten di bidangnya.
Demi keperluan dalam tata cara penulisan karya ilmiah, maka lembaga pendidikan tinggi sampai tingkat SMA sering mengadakan pelatihan penulisan karya ilmiah. Seperti contoh kampus UIN, UMY, UGM, UNY, UII bahkan sampai lembaga swasta KR (kedaulatan rakyat) pernah mengadakan pelatihan penulisan karya ilmiah.
Salah satu yang pernah saya ikuti yaitu workshop penulisan karya ilmiah yang bertempat di ruang Teatrikal Peprustakaan UIN Sunan Kalijaga. Dalam kegiatan ini di motivasi dan diberi pelatihan untuk penulisan karya ilmiah terutama untuk jurnal. Disebutkan bahwa jurnal merupakan alat komunikasi verbal yang digunakan oleh seorang peneliti atau ilmuan untuk memantau perkembangan bidang ilmu tertentu.
Jurnal merupakan sarana atau media yang efektif dalam merumuskan suatu kebijakan dan pengembangan ilmu pengetahuan, karena di dalamnya menyajikan hasil-hasil penelitian maupun pemikiran ilmiah yang terus mengikuti perkembangan dari suatu bidang keilmuan tertentu. Jadi peran jurnal sangat penting dalam kebijakan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Sehingga  tingkat keterpakaian jurnal tersebut dapt digunakan sebagai acuan atau rujukan dalam penyusunan sebuah karya ilmiah pada bidang ilmu tertentu.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.